Disdukcapil Terbitkan 600 Suket Jelang Penerimaan CPNS 2019

Kamis, 21 November 2019

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal.

PEKANBARU- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru sudah menerbitkan sekitar 600 lembar Surat Keterangan (Suket), pengganti Kartu Tanda Penduduk, jelang penerimaan CPNS tahun ini.

Kadisdukcapil Irma Novrita, mengatakan, jumlah permintaan tersebut meningkat dari hari- hari biasanya, sebab Suket yang diterbitkan bisa digunakan saat pelamar mendaftarkan diri menjadi CPNS.

" Ada peningkatanlah dari hari biasa.  Sebab warga bisa memakai Suket untuk mendaftar seleksi CPNS tahun ini," katanya, Kamis,(21/11).

Irma, menambahkan, jumlah Suket yang diterbitkan pihaknya setiap hari bervariasi, Sehingga dia tidak bisa merinci saat ditanyakan berapa jumlah Suket yang diterbitkan pihaknya perhari.

"Kalau jumlahnya berbeda setiap hari. Kita tidak bisa rincikan," tambahnya.

Penertiban Suket merupakan alternatif saat pasokan blangko KTP- el di Disdukcapil Kota Pekanbaru masih terbatas.  Dalam satu bulan Disdukcapil hanya mendapat pasokan blangko sebanyak 500 keping.

Kondisi itu terjadi seiring menipisnya pasokan KTP el di pemerintah pusat. Sehingga Kota Pekanbaru harus berbagi pasokan blangko dengan daerah lain.

Menipisnya pasokan blangko diprediksi masih terjadi hingga akhir tahun 2019. Dipeekirakan baru akan normal pada tahun 2020 mendatang. Irma mengimbau warga tidak terlalu khawatir dengan terbatasnya blangko KTP el. Sebab Suket bisa dijadikan penggantinya.(iky).