Tujuh Formasi CPNS Khusus Disabilitas akan Dialihkan ke Umum

Jumat, 22 November 2019

. ANTARA FOTO/DARWIN FATIR.

PEKANBARU- Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru HM.Noer, mengatakan, jika sampai penutupan pendaftaran CPNS tanggal 28 November 2019 mendatang, tak ada satupun warga yang melamar untuk tujuh formasi khusus disabilitas, Pemko Pekanbaru akan mengalihkannya untuk umum.

Sejak pendaftaran dibuka pada 14 November 2019 lalu hingga saat ini diketahui belum satupun ada warga yang mendaftarkan lamarannya di formasi khusus disabilitas tersebut.

"Kalau sampai akhir penutupan pendaftaran CPNS tanggal 28 November tak ada pendaftar untuk  disabilitas, formasi itu akan kita alihkan untuk umum," jelas Sekda, Jumat,(22/11/2019). 

Diberitakan sebelumnya  hingga Kamis, (21/11/2019) atau sepekan sejak pendaftaran dibuka sudah 3.271 warga melamar untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemko tahun 2019. 

Penyandang disabilitas juga berkesempatan ikut seleksi itu dengan tujuh formasi khusus.  Tiga formasi untuk tenaga guru, dua formasi untuk tenaga kesehatan dan dua formasi untuk tenaga teknis.

"Jadi kita buka formasi khusus untuk CPNS tahun ini. Formasi itu untuk penyandang disabilitas," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi.

Calon pelamar disabilitas yang mendapat kesempatan adalah kelompok tuna daksa yang harus melampirkan surat keterangan dokter, dari rumah sakit pemerintah. Menerangkan, jenis tingkat disabilitas dengan sejumlah kriteria, diantaranya pelamar mampu melihat, mendengar dan berbicara baik.

"Surat itu menerangkan jenis atau tingkat disabilitasnya dengan sejumlah kriteria. Pelamar mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik," kata dia.

Kemudian, kata Masykur, pelamar disabilitas mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi, dan juga harus mampu bergerak dengan alat bantu.

"Jadi satu lampiran yakni surat dokter asli dari dokter rumah sakit pemerintah yang menerangkan kondisi pelamar," jelasnya.

Seperti diketahui untuk penerimaan CPNS tahun ini di Pemko Pekanbaru terdapat 346 formasi dibuka dari 367 yang diusulkan ke pemerintah pusat dengan porsi terbanyak untuk tenaga pendidikan. Dari jumlah itu untuk  porsi terbanyak untuk tenaga pendidikan dengan berjumlah 235 orang. 

166 diantaranya untuk formasi guru Sekolah Dasar dan 69 orang lagi untuk guru Sekolah Menengah Pertama. Untuk tenaga kesehatan 24 orang dan tenaga teknis 87 orang.(iky).