65 PJU di Perkantoran Tenayan Terpantau di Ruang Kendali Dishub

Senin, 09 Desember 2019

Kabid KTSP Dishub, T.Ardi Dwisasti, sedang memonitor perkembangan 65 PJU di ruang kendali Dishub.

PEKANBARU- Sebanyak 65 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) menggunakan Smart System di Komplek Perkantoran Pemko Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya, sudah bisa dipantau di ruang kendali Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Dengan demikian jelas mempermudah kinerja  dalam hal pengawasan sebab semua laporan terkait PJU sudah bisa dimonitor dan dikontrol dari jarak jauh menggunakan perangkat komputer maupun telepon genggam.

"Dengan Smart System kita juga bisa memantau tagihan listrik  PJU berikut daya pemakaiannya. Bahkan juga bisa melihat seandainya ada oknum yang mencoba mencuri arus listrik," kata Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, T. Ardi Dwisasti, Senin,(9/12/2019).

Bukan hanya itu, dengan Smart System petugas juga bisa memantau beban berlebih, kebocoran ground tiang dan tegangan berlebih. Bahkan juga bisa mengirimkan pesan ke handphone operator memberitahukan permasalahan yang terjadi seperti yang dijelaskan di atas.

"Dengan PJU Smart System kita bisa tahu berapa pemakaian energinya, untuk cahaya juga bisa diredupkan melalui hanphone atau perangkat lain yang terhubung," terang Ardi.

Selain di Komolek Perkantoran Tenayan Raya, Ardi, menjelaskan PJU System juga sudah dipasang di area Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bandara SSK II menuju ke arah Kantor DPRD Provinsi Riau. Dengan jumlah sebanyak 100 titik yang saat ini dalam proses penggantian bola lampu dengan progres pengerjaan sudah 80 persen.

" Dalam waktu dekat sudah bisa beroperasi, petugas sampai hari ini masih di lokasi mengganti bohlam di tiang listrik itu," tutup Ardi.(iky).