Gubri Tetapkan Status Siaga Banjir

Jumat, 20 Desember 2019

Korban banjir di Kampar (antaranews.com)

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, dijadwalkan akan memimpin rapat dan secara resmi akan mengumumkan penetapan status siaga banjir dan longsor untuk tingkat Provinsi Riau, Jumat 20 Desember 2019.

Penetapan status siaga banjir ini menyusul sudah ditetapknya status siaga banjir di empat kabupaten yang ada di Riau. Yakni Kabupaten, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Kampar, serta Kabupaten Pelalawan.

"Sudah ada empat kabupaten yang sudah menetapkan status siaga, diantaranya kabupaten Inhu, Pelalawan, Kampar dan Rohul. Jadi untuk tingkat provinsi, besok penetapan status siaga banjir dan longsor langsung diumumkan oleh pak Gubernur," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, Kamis 19 Desember 2019.

Dengan ditetapknya status siaga tersebut, maka penanganan banjir kedepan akan lebih maksimal lagi, tidak lagi dilakukan secara parsial, namun menyeluruh.

"Penanganan akan kita lakukan lebih intensif lagi dan BNPB juga nanti bisa melakukan pendampingan," katanya.

Tidak hanya itu, dengan penetapan status siaga ini, maka bantuan dari pemerintah daerah, hingga pemerintah pusat sudah bisa dikucurkan ke daerah-daerah yang terdampak banjir.

"Bantuan sudah bisa dikucurkan, kalau sekarang kan masih parsial sifatnya," sebutnya.