WNI Dilarang ke China di Tengah Wabah Virus Corona

Beberapa kasus bahkan melibatkan orang yang tak datang dari China, mengindikasikan ada infeksi akibat kontak antar-manusia. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian).

JAKARTA- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia meminta WNI untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke China di tengah merebaknya penyebaran virus corona.

"Pemerintah meminta WNI untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke China daratan," ungkap Retno usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Minggu (2/2).

Selain itu, pemerintah Indonesia juga akan menghentikan sementara seluruh penerbangan dari dan menuju China. Larangan tersebut akan berlaku mulai Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB.

"Penerbangan langsung dari dan ke Cina daratan akan ditunda untuk sementara mulai Rabu pukul 00.00 WIB," tambahnya.

Pemegang paspor China dan warga negara asing yang mengunjungi Negeri Tirai Bambu dalam 14 hari terakhir secara resmi dilarang transit dan memasuki kawasan Indonesia.

Tak hanya itu, pemberian fasilitas bebas visa untuk warga negara China untuk sementara juga akan dihentikan.

"Semua pendatang yg tiba dari China daratan dan sudah berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," terang Retno.

Indonesia menambah daftar panjang larangan kunjungan dari warga negara asing dan warga negara China.

Sebelumnya, larangan serupa juga dikeluarkan oleh pemerintah Singapura, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru untuk mencegah merebaknya wabah virus corona.

Hingga Minggu (2/2), tercatat lebih dari 14 ribu kasus di China dan lebih dari 140 kasus terkonfirmasi di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Asia, Australia, dan Timur Tengah.***
 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar