Fenomena PKL di Pekanbaru, Hari Ini Ditertibkan Besok Datang Lagi

PKL gunakan ruas jalan ditertibkan Satpol PP Pekanbaru, Senin, (17/2/2020).

PEKANBARU- Fenomena pedagang kaki lima (PKL) identik memunculkan beberapa permasalahan di Kota Pekanbaru. 

Selain membuat kemacetan lalulintas keberadaan mereka juga kerap menempati trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. 

Adapula yang berani membuka lapak baik permanen maupun menggunakan kendaraan roda empat untuk mereka berjualan.

" Tiap hari kami laksanakan giat patroli menyusuri sejumlah ruas jalan yang sering digunakan PKL untuk berjualan. Tapi ya begitulah, hari ini kami tertibkan, besok datang lagi ke tempat semula," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pekanbaru, Agus Pramono, Senin, (17/2/2020).

Agus mencontohkan, seperti PKL yang berjualan di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Sukaramai Trade Center.

Begitujuga dengan yang di Jalan Hangtuah samping Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad dan PKL di Jalan Tuanku Tambusai sekitar Mal SKA.

" Patroli kami ini akan berkeliling jadi mereka tiap hari ditertibkan personel, hari ini tadi juga ditertibkan," katanya.

Menurut Agus, mengapa PKL tiap hari ditertibkan karena mereka berjualan menggunakan ruang publik yang dapat membahayakan bagi orang lain

Kemudian juga membuat tata ruang kota menjadi semrawut sehingga tidak sesuai  dengan visi kota salahsatunya menekankan aspek kebersihan, keindahan dan kerapian. 

Tak sedikitpula  keberadaan PKL yang membuat pencemaran lingkungan salahsatunya membuang sisa jualannya ke dalam parit.

" Kami Satpol tak anti dengan PKL tapi tolonglah jualan di tempatnya. Pasar resmi kita masih bisa menampung agar mereka aman dan nyaman dalam mencari nafkah," imbuh Agus Pramono. (iky).

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar