Bersihkan Lahan Pakai Ekskavator, Mahmud Temukan Bom Mortir di Tenayan Raya

Kapolsek Tenayan Raya melakukan olah TKP, tampak bom mortir berwarna biru yang ditemukan warga. (istimewa).

PEKANBARU - Warga Kecamatan Tenayan Raya dihebohkan dengan penemuan alat militer mortir atau bom di Jalan Badak Ujung, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (12/3/2020).

 Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kapolsek Tenayan Raya, Kompol M Hanafi menjelaskan, montir tersebut awalnya ditemukan oleh warga bernama Mahmud yang sedang melakukan pembersihan lahan menggunakan ekskavator di lokasi tersebut.

"Sekitar pukul 10.30 WIB tadi, saksi sedang bekerja disana. Saat sedang membersihkan lahan dengan alat berat, tiba-tiba saksi tidak sengaja menemukan besi saat bekerja. Karena dianggap mengganggu, maka saksi memindahkan besi tersebut ke dekat jalan menggunakan ekskavator,'' terang Hanafi, dikutip dari GoRiau.com, Kamis,(12/3/2020), petang.

Setelah dipindahkan, seorang rekan Mahmud mengatakan benda tersebut adalah bom, rekannya meminta agar Mahmud tidak menyentuh lagi benda tersebut, selanjutnya Mahfud dan rekannya melaporkan ke Polsek Tenayan Raya.

"Dari laporan itu, kita datang ke lokasi, dan memang benar ada bom jenis mortir berwarna biru, dengan panjang 1,75 meter, berdiameter 40 centimeter, dan beratnya sekitar 100 kilogram. Selanjutnya setelah meminta keterangan, olah TKP, dan mengamankan TKP, kami menghubungi tim penjinak bom untuk memastikan bom tersebut aktif atau tidak,'' beber Hanafi.

Terakhir Hanafi menambahkan, dari informasi yang diterima petugas, lokasi tersebut pada tahun 1980 an, adalah tempat latihan TNI Angkatan Udara. ***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar