Pasien HIV/AIDS Tertular Virus Corona

Ilustrasi Human Immunodeficiency Virus (HIV) (iStock).

PAPUA- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, mengungkapkan sudah ada pasien HIV/AIDS di wilayah itu yang terjangkit virus corona.

"Memang ada laporan terkait pasien HIV/AIDS yang terpapar virus corona penyebab Covid-19, dan saat ini dalam perawatan paramedis," kata Silwanus dikutip dari Antara di Jayapura, Kamis (6/5).

Namun, Silwanus mengatakan untuk jumlah dan di daerah mana, pihaknya belum dapat menyampaikan. Dari laporan yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dia melanjutkan, kondisi para pasien itu cukup stabil.

Mereka juga sudah menjalani pengobatan untuk penanganan Covid-19. Pasien tersebut tetap meminum antiretroviral (ARV) yaitu obat-obatan yang biasa dikonsumsi pengidap HIV/AIDS.

Ia menambahkan hingga saat ini di Provinsi Papua tercatat sebanyak 247 orang terjangkit virus corona, 180 orang lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan.

Tercatat 12 dari 29 kabupaten dan kota yang terkena sebaran Covid-19 adalah Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Biak dan Supiori.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, menyatakan total 17 pasien positif corona sembuh di kabupaten tersebut per Rabu (6/5).

"Jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Mimika terus meningkat dari sebelumnya sebanyak 13 orang menjadi 17 orang. Tentu ini berita yang sangat menggembirakan," kata Reynold dikutip dari Antara.

"Hingga saat ini jumlah pasien yang sembuh meningkat menjadi 19 persen dari total kasus positif COVID-19 di Mimika. Sedangkan persentase pasien yang meninggal dunia turun dari 5 persen menjadi 3 persen," tambahnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar