Di Kota Probolinggo, Hasil Tes Swab Bisa Keluar Hanya 45 Menit

Foto: M Rofiq

PROBOLINGGO- Kota Probolinggo kini mempunyai alat tes swab sendiri. Alat ini diklaim mempu melakukan tes swab hanya dalam waktu 45 menit.
Selain kecepatan hasil, alat ini juga diklaim mampu melakukan tes swab sebanyak 250 spesimen dalam sehari. Alat ini sekarang ada di RSUD Dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo.

"Alat swab yang kita datangkan di RSUD Dr Mochamad Saleh ini merupakan alat standar untuk pasien Virus COVID-19. Hasil bisa dilihat hanya 45 menit," ujar Jubir Gugus Tugas Satgas COVID-19 Kota Probolinggo dr Abrar Kuddah, Rabu (20/5/2020), dikutip dari news.detik.com.

Abrar mengatakan alat ini hanya ada satu di wilayah tapal kuda, hanya di RSUD Dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo. Nantinya alat ini akan bisa menuji specimen swab dari rumah sakit setapal kuda, seperti Banyuwangi, Situbondo, Bondowosa, Jember, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan pihaknya terus berupaya memutus rantai penyebaran Virus COVID-19, dengan mendatangkan alat swab buatan Korea Selatan ini.

"Kami datangkan alat swab canggih dari Korea Selatan guna memutus rantai penyebaran Virus COVID-19 khusus di Kota Probolinggo. Kecepatan hasilnya memunhkinkan kita nanti bisa cepat mengambil langkah tindakan medis dan isolasi pasien yang terpapar Virus COVID-19," kata Hadi.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar