Tidak Lagi Rapid Test, Tracking Kontak Pasien Positif COVID- 19 dari Natuna Langsung Uji Swab

Juru Bicara Gugus Tugas Covid- 19 Riau, Indra Yovi

PEKANBARU- Juru Bicara Gugus Tugas COVID- 19  Provinsi Riau, dr Indra Yopi, mengatakan,  Dinas Kesehatan Provinsi Riau akan melakukan tracking kontak  lebih luas terhadap pasien positif COVID- 19 yang berasal dari Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau berinisial Tuan HW. Bukan lagi dengan cara rapid test namun langsung dilakukan uji swab.

" Untuk pemeriksaan swab terhadap keluarganya sudah dilakukan. Tapi bukan hanya terhadap keluarga, kontak tracking dengan uji swab juga akan dilakukan kepada keluarga lain yang juga ikut saat jalan- jalan ke Sungai Hijau di Kampar. Bukan rapid test lagi tapi langsung uji swab," kata Indra Yopi, Sabtu, (6/6/2020), petang.

Indra Yopi, menjelaskan, jika pasien sudah dinyatakan positif COVID- 19 untuk tindakan tracking kontak terhadap seluruh keluarga pasien bukan lagi dengan cara rapid test namun langsung dengan uji swab. 

Sebab rapid test hanya untuk scrining awal untuk orang lain yang bukan dikategorikan berisiko, tapi kalau sudah kontak erat harus dilakukan tes swab di kluster keluarga tersebut.

Kondisi pasien  Tuan HW , kata Indra Yopi, saat ini stabil tidak ada demam begitujuga dengan keluhan pernapasan juga sangat ringan. Tuan HW, mempunyai  komorbid atau penyakit penyerta diabetes dan hipertensi.

" Sekarang sedang menunggu hasil  follow up PCR dari Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, kalau hasil PCR dua kali negatif berarti dia sudah sembuh dan bisa pulang," kata Indra Yopi.***


 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar