Cegah Penularan COVID-19, Wawako Imbau Masyarakat Tetap Gunakan Masker

Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi

PEKANBARU -Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi, mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker selama penerapan Perilaku Hidup Baru (PHB) dalam masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, dalam penerapan PHB ini akan ada sanksi bagi pelanggar perorangan sesuai dengan Perwako Nomor 104 Tahun 2020 tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif dan Aman dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Dikatakan Ayat, bahwa penggunaan masker ini adalah perilaku hidup baru. Jadi harus selalu pakai masker apalagi di tempat keramaian-keramaian.

Menurutnya, menggunakan masker ini untuk melindungi diri dari sebaran virus yang datang dari orang lain maupun dari diri sendiri ke orang lain. Ayat mencontohkan, ketika berbicara dengan lawan bicara pasti akan keluar cairan yang keluar dari mulut, dan ketika menggunakan masker cairan tersebut tidak akan keluar menyebar ke orang lain.

"Makanya di keramaian ini diwajibkan menggunakan masker. Seperti di pasar. Di daerah lain, masyarakat yang ada di pasar ketika di rapid test banyak yang reaktif, dan diuji swab banyak yang positif," terang Ayat, Senin (15/6/2020).

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya meminta agar tetap waspada untuk tetap menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak. Ia mengaku tidak tahu kapan musibah ini akan berakhir.

Selain itu, masyarakat diimbau agar tidak lengah dengan kasus Covid-19 di Pekanbaru yang sudah mulai turun dan melandai. Ia mengingatkan, seperti virus flue spanyol yang menimpa dunia tahun 1918 di mana memakan korban sekitar 50 juta jiwa yang meninggal.

"Oleh karena itu, kepada masyarakat tetap pakai masker, cuci tangan, dan jangan lengah," ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa masyarakat yang melanggar atau tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah akan dikenakan sanksi administratif. "Kita ada sanksi-sanksinya, yaitu tidak dilayani dalam hal pelayanan publik. Jangan nantang-nantang, nanti ketangkap betul sama tim tidak bisa akses layanan publik kependudukan," ungkapnya.

"Jadi imbauan saya tetap gunakan masker," pungkas Ayat.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar