Jaring OTG, Tim Gugus Tugas COVID-19 Swab Massal ODP di Tiga Kecamatan

Ilustrasi/detik.com

PEKANBARU- Menurut rencana Rabu, 17/6/2020,  tim gugus tugas COVID-19 gabungan dari pemerintah kota dan provinsi melaksanakan uji swab massal terhadap Orang Dalam Pengawasan di tiga Puskesmas di tiga kecamatan di Kota Pekanbaru.

Kegiatan tersebut diadakan untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG) COVID-19. 

"Rencananya kita akan lakukan di Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Harapan Raya, dan Puskesmas Rumbai," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Selasa (16/6). 

Dijelaskannya, uji swab massal diselenggarakan bersama Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Kesehatan. Karena baru pemerintah provinsi yang memiliki Laboratorium Biomolekuler untuk pemeriksaan Covid-19. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, InsyaAllah Rabu kita lakukan tes swab untuk ODP," jelasnya.

Saat ini dalam persoalan COVID-19, pemerintah bukan hanya berusaha untuk menyembuhkan saja namun juga menjaring Orang Tanpa Gejala sebab lebih berbahaya dan lebih mempercepat penularan.

" OTG ini tidak memiliki gejala covid, lantas berinteraksi dengan individu lain. Sehingga terjadi penularan tanpa disadari. Berbeda dengan orang yang memiliki gejala, yang langsung terlihat terjadi penurunan kesehatan dan bisa langsung diperiksa," jelas Amin.

Sebelum uji swab, Pemko Pekanbaru juga sudah melaksanakan rapid test massal untuk mejaring OTG di sejumlah kecamatan di Pekanbaru.

Diantaranya, di Tampan, Tenayan Raya, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai. Tidak dipungut biaya bagi yang ikut hanya menunjukkan identitas diri atau KTP.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar