Kabel LPJU di 22 Ruas Jalan di Pekanbaru Hilang

Dugaan percobaan pencurian kabel LPJU di Jalan Okura, digagalkan warga beberapa waktu lalu. (Poto istimewa).

PEKANBARU- Kabel Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di 22 ruas jalan di Kota Pekanbaru hilang dicuri orang tak bertanggungjawab selama periode April- Mei 2020.

Bukan hanya yang tertanam di dalam tanah namun kehilangan juga terjadi pada kabel LPJU yang terpasang di saluran udara.

" Iya, kabel LPJU kita di 22 ruas jalan di Kota Pekanbaru hilang. Sudah dilaporkan ke polisi," kata Kepala Bidang Keselamatan Teknis Sarana dan Prasarana Dinas Perhubugan Kota Pekanbaru, T. Ardi Dwisasti, Jumat, (3/7/2020).

Dijelaskannya, kehilangan kabel terpanjang terjadi di Jalan Seroja, dekat SMK 6 Tenayan Raya, yakni sekira 1.700 meter. Kemudian di Jalan Raja Panjang, Okura, sekira 1.500 meter.

" Sekarang sudah kita ganti, waktu hilang kemarin lampu jalan sempat mati. Hilangnya tidak sekaligus, pencurinya lihai, mereka angsur-angsur. Total kehilangan kabel mencapai 8.800 meter," kata Ardi.

Ditanyakan, selain dari dua ruas jalan yang disebutkan jalan manalagi yang mengalami kehilangan, Ardi, merincikannya.

Ruas jalan tersebut meliputi, Danau Buatan, Jalan M.Nur, Tuanku Tambusai, Jalan IR H.Juanda.

Selanjutnya, di Jalan Danau Buatan, Zainal Abidin, Pesantren, Tanjung Datuk, Jalan Alam Raya, Harapan Raya.

Kehilangan kabel LPJU juga terjadi di Jalan Cempaka, Teuku Umar, Juanda, Kapau Sari, Datuk Setia Maharaja, Duyung dan Todak ujung, Badak, Jambu, Kaharuddin Nasution, Tenayan dan Jalan Gunung Kelud.

Ardi, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga fasilitas-fasilitas umum yang ada. 

Jika mendapati ada oknum dengan tindakan berpotensi melakukan tindakan kejahatan terhadap PJU dan fasiltas umum lain,  diminta untuk menegur dan melaporkannya ke PJU Call Center di nomor 0811-769-466.

" Jangan percaya kalau ada yang mengaku petugas dari Dishub atau PLN kalau tidak memakai atribut atau kendaraan operasional. Seperti yang di Jalan Okura pernah ada orang mengaku dari PLN memanjat tiang langsung ditangkap warga. Kita minta warga perduli dan menjaga fasilitas umum yang manfaatnya jelas untuk kita bersama," tutup Ardi.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar