Di Puncak Syukuran Milad Ke 38, Komitmen Civitas Akademika Percepat Unilak Unggul


PEKANBARU- Sejak berdiri tahun 1983 silam, kini Universitas Lancang Kuning Pekanbaru sudah berusia 38 tahun.

Perguruan Tinggi tersebut dibawah naungan Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji.

Dalam kegiatan milad ke 38 tahun yang di selenggarakan Kamis, (27/8/2020), Unilak
mengangkat tema ' Berbakti, teruji dan berprestasi'.

Diwujudkan dengan mengadakan syukuran diikuti dosen, pegawai, mahasiswa dan mitra kerja di halaman gedung rektorat.

Diawali dengan mengadakan senam sehat bersama diikuti 150 peserta di lapangan sepakbola Unilak.

Mengenakan seragam kuning dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak.


Para peserta tampak antusias dan kompak mengikuti kegiatan tersebut yang  dihadiri Rektor Unilak, Dr. Junaidi, Wakil Rekto II, Hardi SE.MM, jajaran dekan, kepala biro/lembaga.

Pelaksanaan Milad sudah dimulai sejak dua bulan lalu, diawali dengan program jelajah kampusku.

Rangkaian milad juga diisi dengan berbagai perlombaan, yaitu, karya tulis jurnalistik unilak, lomba blended learning, Shinta award, segak Lawa Unilak, lomba video, lomba vlog, lomba Ngaji online dan lain lain.

Usai senam bersama kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba.

Diakhiri dengan makan bersama berikut doa dan syukuran untuk kemajuan Unilak ke depan.

"Senam sehat sengaja dilakukan diawal acara agar fisik dan tubuh kita semakin sehat dan kuat, dengan berolahraga maka imun tubuh menjadi kuat dan dapat mencegah virus virus masuk," ujar Rektor, Dr.Junaidi.

Rektor, mengimbau semua jajaran di Unilak untuk terus meningkatkan profesionalitas dalam bekerja.

"Sejak bulan Maret kemarin itu banyak sekali tantangan kita karena Covid-19 ini. Kita pernah libur, kemudian kita pernah kerja dengan 50% sehari kerja sehari tidak, atau sebagian karyawan tidak bekerja, yang menjadi tantangan itu di perkuliahan," katanya.

Selain tantangan di atas, Rektor, menyebut, sejak Bulan Maret, perkulihan juga dilaksanakan secara online. Namun semua tantangan bisa dilalui dengan teknologi sistem informasi mahasiswa bisa mengikuti proses belajar mengajar menggunakan sistem online.

Bukan hanya otu, saat pandemi Unilak juga mengadakan lomba blended learning sebagai bukti nyata kemajuan teknologi yang ada di Unilak. 

" Kita harus yakin dan mampu bahwa dengan kreatifitas dalam perkuliahan perilaku kebiasaan baru akan terbiasa kita lakukan di masa pandemi," kata Dr Junaidi.

Di tahun ajaran baru pelaksanaan kuliah akan dilakukan secara online, sebab untuk pelaksanaan kuliah tatap muka (dalam kelas) tetap masih menunggu kebijakan dari pemerintah.

" Saat ini banyak mahasiswa yang rindu dengan kampus Unilak, untuk kuliah tatap muka di kelas, dan dengan kondisi ini (pandemi) mahasiswa dan orang tua tentunya memahami kuliah akan dilakukan secara online," katanya.

Sekretaris Yasrah, Drs.M.Thamrin.MM, mengucapkan syukur Alhamdulillah di milad ke 38. Sebab semua kegiatan bisa dilaksanakan dengan sukses dan lancar.

Meski diadakan dengan sederhana namun tetap semangat dan kompak.

" Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat pada rektor, jajaran dan karyawan atas milad ke-38. Kita berharap dan berdoa, mudah mudahan kondisi seperti ini tidak kita alami lebih lama lagi," harapnya.

Sebab, kondisi seperti ini benar benar menjadi sebuah cobaan yang menuntut semua untuk berpikir secara kreatif.
Agar apa yang direncanakan bisa berjalan. Dengan kondisi dan situasi yang tidak sama dengan hari hari sebelumnya.

 " Saya ucapkan terimakasih kepada rektor yang sudah susah payah melakukan aktivitas yang seharusnya dilaksanakan. Dan syukur Alhamdulillah kita bisa menyaksikan sampai saat ini Unilak masih bisa tetap eksis, tetap bisa berjalan," imbuhnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan M.Thamrin, kepada mitra yang masih setia membantu Universitas Lancang Kuning. Karena tanpa para mitra tentu akan semakin berat lagi hal hal yang dihadapi.

 "Kegiatan ini dilakukan adalah dalam rangka untuk mengingatkan keberadaan universitas lancang kuning masih dibutuhkan ditengah tengah Covid ini," jelasnya.


M.Thamrin, menambahkan, rektor sudah memberikan diskon SPP pada para mahasiswa, memberikan paket internet, paket sembako bentuk kepedulian dan kecintaan Unilak. Dengan harapan mahasiswa tetap bisa kuliah dan menyelesaikan pendidikannbya.

"Kalau kita paksakan seperti bagaimana biasanya, itu akan memberatkan daripada mahasiswa itu sendiri dan orang tua. Yang kita tahu bahwa kondisi pada saat ini memang penuh tantangan, maka oleh karena itu sekali lagi terimakasih kepada rektor karena sudah berfikir kreatif dan inisiatif bagaimana mahasiswa bisa kuliah dalam kondisi pandemic. Tetapi kita berharap bahwa kondisi tidak terus begini, mudah mudahan situasi ini cepat berubah. Semoga Allah SWT mendengar doa kita. aamiin," tegasnya.

Dalam puncak perayaan milad Unilak mengundang mitra mitra kerja diantaranya bank muamalah,bank Riau Kepri, bank BTN Syariah,  PT. indah kiat, PT RAP, bank mega Syariah, BNI,  Jiwasraya, Sevima, Solnet bidang IT, dan mitra media Unilak.***

 

 

.


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar