Kontak Erat OTG Positif Corona tidak Wajib Uji Swab

Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy. (Istimewa).

PEKANBARU- Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, mengatakan, kontak erat Orang Tanpa Gejala positif Covid-19 saat ini tidak wajib melakukan uji swab sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Revisi V Kementerian Kesehatan.

Hal itu disampaikan Kamis, (24/9/2020), kepada sejumlah media.

" Jadi, ketika ada seseorang positif Corona, berlaku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Revisi V Kemenkes. Salahsatunya menyatakan, ketika orang positif Corona tanpa gejala yang kontak eratnya tidak wajib lagi melakukan pemeriksaan swab. Kecuali kontak erat mempunyai gejala," katanya.

Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Revisi V Kemenkes itu kata dr Bob, sapaan Plh Kadiskes, juga berlaku di Provinsi Riau sejak Ahad, (20/9/2020), kemarin.

Kalau ada orang positif Corona, warga tidak perlu khawatir. Intinya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

" Dengan siapapun kita berinteraksi berbicara tatap muka, mau dia positif atau negatif Corona asalkan menerapkan protokol kesehatan InshaAllah terhindar dari kasus positif Corona. Kita juga tetap boleh berjabat tangan dengan pasien positif tapi setelahnya cuci tangan dengan sabun. Tapi kalau sebaliknya tidak menerapkan protokol kesehatan, walaupun dia negatif bisa-bisa kita kena kasus positif," tutup dr Bob.***

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar