20 Persen Lahan di KIT Masih Bermasalah

Internet.

PEKANBARU-Pengamanan lahan pada Kawasan Industri Tenayan (KIT) masih dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Pasalnya, hingga saat ini lahan tersebut masih menuai konflik. 

Plt Kasatpol PP Kota Pekanbaru Burhan Gurning mengatakan, hingga saat ini masih ada oknum masyarakat yang mengklaim kepemilikan lahan KIT. Pemko Pekanbaru memiliki lahan di kawasan itu seluas 266 Hektare. 

"Pengamanan masih kami lakukan. Dari 266 Hektare itu sekitar 80 persen lahan sudah bersih, sudah tidak ada masalah lagi," kata Gurnin, Selasa (13/10/2020). 

Ia mengakui hingga saat ini 20 persen dari keseluruhan lahan tersebut masih menuai konflik. Ada oknum masyarakat yang mengaku atas kepemilikan lahan pada kawasan industri tersebut. 

Dikatakannya, mereka mengelompokkan lahan pada KIT dan mengatasnamakan kelompok-kelompok tertentu. Mereka juga mengklaim memiliki surat atas kepemilikan lahan tersebut. 

"Personil kita tetap melakukan pengamanan. Ada petugas kita yang patroli," terangnya. 

Pemko Pekanbaru juga sudah membangun pos pengamanan di sekitaran lahan KIT. Ada petugas dan tim hukum dari Pemko Pekanbaru. 

Gurning menyebut, terhadap oknum masyarakat yang merasa memiliki lahan di KIT agar dapat menunjukkan bukti kepemilikan ke tim hukum Pemko Pekanbaru. 

"Silahkan datang, tunjukkan bukti kepemilikannya. Kita ada pos pengamanan disana," pungkasnya. 

KIT sendiri merupakan salah satu proyek strategis nasional. 1.500 hektare lahan di lokasi itu dipersiapkan untuk kawasan industri. Saat ini baru 266 hektare lahan yang telah dibebaskan Pemko Pekanbaru.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar