Musim Penghujan, Warga di Kota Bertuah Diajak Goro Bersihkan Drainase

Sejumlah kendaraan saat melintas genangan air yang merendam salah satu badan jalan di Kota Pekanbaru. (dok)

PEKANBARU- Ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, kini mulai memasuki musim penghujan yang rawan terjadinya banjir sesaat.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengajak warga menggalakan gotong royong (goro) guna membersihkan saluran pembuangan air atau drainase di lingkungan pemukiman masing-masing.

Menurut Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Muhammad Jamil, kebersihan drainase meski dijaga secara bersama-sama.

"Karena itu kita himbau kepada warga untuk bergotong royong membersihkan parit-parit dan selokan yang tersumbat, sehingga air bisa mengalir saat hujan turun," ucapnya, Rabu (25/11/2020).

Guna menggalakan goro, kata Jamil, seluruh camat, lurah dan RT-RW juga harus aktif mengajak warga di lingkungannya. Dengan terjaganya kebersihan drainase, maka genangan air pasca hujan bisa diminimalisir.

"Menjaga kebersihan drainase ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi tanggungjawab kita bersama," tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, jika dalam pembersihan drainase membutuhkan alat berat, warga bisa mengajukan permohonan ke pihaknya.

"Caranya cukup mengirim surat permohonan ke PUPR, minimal satu minggu sebelum hari H," ujarnya.


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar