Vaksin Corona Mandiri Nggak Murah Lho, Awas Kantong Jebol!

Ilustrasi/Foto: DEDY ISTANTO

JAKARTA- Vaksin COVID-19 ada yang menggunakan jalur mandiri atau merogoh kocek sendiri untuk membeli vaksin tersebut. Harga yang dibanderol diperkirakan beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung jenis dan mereknya.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan untuk melakukan vaksin bisa mulai menyiapkan dana dari sekarang agar kantong nggak jebol. Anda juga bisa menggunakan dana yang sudah ada dari pos anggaran dana darurat.

"Berarti mulai disiapkan nih dananya, misalnya satu keluarga itu ada ayah, ibu dan 2 anak berarti biayanya untuk 4 orang. Rata-rata saja satu dosis Rp 500 ribu dikali 4 berarti harus menyiapkan Rp 2 juta," kata dia dikutip dari detikcom, Sabtu (12/12/2020).

Lalu bagaimana jika anggaran dana darurat ini tidak mencukupi? Bisa diambil dari pos anggaran yang lain. Misalnya anggaran untuk hiburan seperti travelling atau belanja.

"Vaksin ini kan kondisi darurat ya. Apalagi vaksin itu kan tidak di-cover asuransi. Bisalah menggunakan anggaran hiburan kan tidak ada juga rencana untuk jalan-jalan lebih baik bisa digunakan untuk vaksin," ujarnya.

Andy mengungkapkan, masyarakat juga harus menghitung kembali kebutuhan harian atau bulanan. Karena ada jenis vaksin yang harus dua kali suntik. Nah biaya ini juga harus dihitung.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar