Ratusan Warga Terjaring Razia Prokes, Tiga Orang Reaktif Covid-19

Ratusan warga ikuti rapid test antigen saat terjaring razia Prokes yang digelar tim gabungan Covid-19 Pekanbaru.

PEKANBARU- Sebanyak tiga orang dari ratusan warga yang terjaring razia penegakan Protokol Kesehatan Sabtu, (22/5/2021 malam, dinyatakan reaktif Covid-19.

Sisanya dinyatakan nonreaktif melalui rapid test antigen yang dilakukan petugas kesehatan dari Rumah Sakit Madani Pekanbaru yang juga dilibatkan dalam razia yang digelar malam itu.

Dari tiga orang yang dinyatakan reaktif Covid-19, satu diantaranya terjaring razia di tempat makan Radar 1 Jalan Jenderal Sudirman.

" Ada 67 orang yang terjaring di sekitar tempat makan Radar 1. Dikumpulkan di tempat nongkrong skoteng untuk rapid test antigen. Hasilnya, satu orang reaktif Covid-19" kata Kasatpol PP Iwan Simatupang, didampingi Kabid PPUD, Fakhrudin, Minggu, (22/5/2021) malam.

Tak berhenti sampai di situ, tim Satgas gabungan Covid-19 Pekanbaru yang terdiri dari Satpol PP, Polresta, TNI, Dishub dan dinas terkait lain kembali melanjutkan razia ke Jalan Tuanku Tambusai tepatnya di Bandrek House 46.

Hasilnya mencengangkan, bukan hanya menjaring satu atau dua warga di tempat itu namun petugas berhasil mengamankan ratusan orang termasuk dari pengendara yang tidak memakai masker.

Bukan hanya itu, saat razia berlangsung petugas juga menemukan kendaraan dinas plat merah milik instansi pemerintah di salahsatu kabupaten di Provinsi Riau yang terparkir tak jauh dari lokasi bandrek house 46 di Jalan Tuanku Tambusai. 

Kuat dugaan, pengemudi mobil itu juga sedang nongkrong di tempat yang memang kerap ramai dikunjungi warga pada malam hari.

Dari ratusan warga yang dirapid test antigen di bandrek house 46 itu, dua orang dinyatakan reaktif Covid-19. Semua yang reaktif Covid-19 langsung dibawa ke RS Madani Pekanbaru," singkat Kasatpol.

Iwan, enggan mengomentari terkait ditemukannya kendaraan roda empat plat merah itu di lokasi razia saat ditanyakan siapa pengemudi kendaraan dan sanksi apa yang akan diberikan.

" Kalau masalah kendaraan plat merah itu saya tak mau komentar. Kita juga tak mau mencari tahunya, yang jelas tugas kita malam ini adalah bagaimana memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menggelar razia Prokes di tempat keramain," katanya.

Pantauan di lokasi razia malam itu, banyak juga pengendara bandel meski tidak memakai masker namun nekat menyoraki petugas dengan ucapan tak jelas sambil memacu kendaraannya. 

Ada juga yang tertangkap usai meneriaki petugas dan langsung digiring menuju warga lain yang sudah terjaring duluan di lokasi bandrek house 46 Jalan Tuanku Tambusai, untuk rapid test antigen.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar