Rumah Dinas Walikota akan Dijadikan Museum

Ilustrasi Internet

PEKANBARU- Rumah dinas Walikota Pekanbaru yang berada di  di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Senapelan, akan alih fungsi menjadi museum untuk menyimpan berbagai catatan sejarah yang ada di Kota Pekanbaru. 

Rencana pengalihfungsian rumah dinas sebagai museum itu juga bertujuan untuk melengkapi fasilitas taman kota yang berada tepat di depan rumah dinas tersebut.

"Karena itu rumah dinas walikota akan dijadikan museum untuk melengkapi hutan yang ada taman itu. Catatan sejarah juga banyak di sana. Maka itu (rumah dinas) akan dilestarikan menjadi museum," kata Firdaus, Minggu (27/6). 

Menurutnya, saat ini minat warga Kota Pekanbaru dalam mengunjungi museum memang masih rendah. Ia mengatakan, karena pengelolaan museum yang masih belum baik. Akibatnya warga tidak tahu dan berkata kalau berkunjungpun tidak ada ilmu yang didapat. 

Rumah dinas walikota yang baru akan dibangun oleh pemerintah kota di kawasan komplek Perkantoran Tenayan Raya, dikuti dengan pembangunan lain seperti rumah dinas wakil walikota dan sekretaris daerah, serta Gedung Daerah Pekanbaru.

"Karena gedung daerah, kota juga belum punya. Maka kita sediakan lahannya. Jadi nanti rumah dinas walikota, wakil walikota, sekda dan gedung daerah akan kita bangun dalam satu komplek," terangnya. 

Disampaikannya, total terdapat lahan seluas 300 hektare sebagai pusat perkantoran pemerintah kota. Namun yang telah disertifikasi baru 111 hektare di antaranya.

"Jadi kita sudah siapkan lahannya 300 hektare," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar