Stok Vaksin di Pekanbaru Capai 15 Ribu Vial

Ilustrasi- Internet

PEKANBARU- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru sudah menerima tambahan vaksin Covid-19 awal pekan ini. Stok vaksin yang tersedia saat ini mencapai 15.511 vial. 

Bakal diprioritaskan bagi warga yang mengalami penundaan suntikan dosis dua dan diberikan pula kepada kelompok pelajar.

"Sudah datang, sekarang ada stok sekitar 15.511 vial atau 37.286 dosis. Ini akan segera disuntikkan ke masyarakat," kata Plt Kepala Dinkes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Rabu (22/9/2021).

Jenis vaksin yang tersedia saat ini ada beberapa macam terdiri dari, CoronaVac, AstraZeneca dan Moderna. Ia menjelaskan, Coronavac satu vial untuk dua dosis.

"Kalau Sinovac satu vial 10 dosis, AstraZeneca satu vial delapan dosis dan moderna satu vial 14 dosis," jelasnya. 

Ia mengatkan, vaksin akan didistribusikan secara bertahap setiap minggu.  Vaksin disalurkan oleh pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi ke pemerintah daerah. 

Target dari vaksinasi di Kota Pekanbaru hingga akhir Desember 2021 ini sebanyak 845.274 warga. Namun, progres saat ini masih 54 persen untuk dosis pertama.

"Yang sudah vaksin pertama sebanyak 456.520 atau 54 persen, sedangkan vaksin kedua sebanyak 316.896 atau 37,5 persen," jelasnya. 

Sejauh ini tidak ada kendala dalam vaksinasi di lapangan. Hanya saja, untuk program itu sangat bergantung kepada distribusi vaksin dari pemerintah pusat.

"Selama vaksin itu ada, datang dari pusat, kita optimistis target vaksinasi sampai akhir tahun ini bisa kita kejar," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar