Puluhan Ribu Anak di Pekanbaru Masih Menanti Vaksinasi

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal

PEKANBARU - Vaksinasi anak di Kota Pekanbaru belum tuntas. Masih ada puluhan ribu anak yang belum mendapat suntik vaksin Covid-19. Mereka adalah anak usia 6 hingga 11 tahun. 

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, masih ada 32.590 orang anak belum mendapat suntikan vaksin hingga saat ini. Sedangkan total jumlah anak yang harus mendapat vaksin sebanyak 103.017 orang.

"Kami terus berupaya untuk mempercepat pemberian vaksin anak ini. Satgas di lapangan masih melakukan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (5/4/2022). 

Menurutnya, capaian vaksinasi anak di Kota Pekanbaru masih di bawah 70 persen. Mereka yang sudah mendapat suntikan vaksin baru 68, 36 persen.

Ia mengatakan, tim vaksinasi tetap melakukan pemberian vaksin selama bulan Ramadan. Ia menilai upaya ini untuk mendorong percepatan vaksinasi bagi anak.

Dirinya mengakui bahwa capaian vaksinasi bagi anak-anak catatan khusus oleh tim vaksinasi. Pihaknya pun berkoordinasi dengan seluruh kepala SD dan SMP.

Pihak sekolah bisa juga berkordinasi dengan puskemas di wilayahnya untuk percepatan vaksinasi. Sekolah nantinya bisa menggelar vaksinasi massal.

Zaini mengimbau agar orangtua tidak lagi menolak bila anaknya hendak vaksinasi. Apalagi sosialisasi sudah dilakukan selama dua tahun ini. Vaksinasi kini juga menjadi salah satu syarat untuk menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. 

Tim vaksinasi nantinya bakal menggandeng TNI dan Polri dalam vaksinasi masal. Mereka bisa menggesa vaksinasi dengan kerjasama puskemas.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar