Ratusan CJH Pekanbaru Mulai Jalani Vaksinasi Meningitis

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, meninjau pelaksanaan penyuntikan vaksin meningtis bagi CJH di Puskesmas Simpang Tiga.

PEKANBARU- Penyuntikan vaksin meningitis hari pertama yang dipusatkan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru di Puskesmas Simpang Tiga, Senin (11/4/2022), diikuti sebanyak 122 calon jemaah haji (CJH).

Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, ada 769 warga di Ibukota Provinsi Riau yang terdaftar sebagai CJH. Seluruhnya akan disuntik vaksin meningitis sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Jadwalnya kita bagi per kecamatan, sehingga calon jemaah bisa datang sesuai jadwal. Pemberian vaksinasi ini berlangsung hingga Jumat, 15 April 2022," ungkapnya, Selasa (12/4/2022).

Disampaikan Zaini, pemberian vaksin meningitis meningokus merupakan upaya perlindungan kesehatan kepada para CJH agar tidak terinfeksi penyakit menular selama melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi CJH agar bisa disuntik vaksin meningitis. Di antaranya telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan ulangan dibuktikan dengan diterbitkannya lembar berita acara penetapan Istithaah Kesehatan Haji Tahun 2022 yang ditanda tangani Ketua TPKH Kota Pekanbaru.

"Kemudian, para CJH sudah melunasi BPIH," ucap Zaini.

Sedangkan untuk kelengkapan administrasi, CJH diminta membawa foto copy lembar berita acara penetapan Istithaah Kesehatan Haji tahun 2022, foto copy bukti pelunasan haji dan pas foto warna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar.

"Mengingat Kota Pekanbaru masih dalam pandemi Covid-19, para CJH diwajibkan menjalankan protokol kesehatan dan memakai masker di lokasi vaksinasi. CJH juga dihimbau datang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan," tutup Zaini.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar