Kasus Covid-19 Melandai, Mayoritas Kecamatan di Pekanbaru Zona Hijau

Ilustrasi - Internet

PEKANBARU- Sebaran kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru cenderung melandai. Dinas Kesehatan (Diskes) mengklaim ada tren penurunan kasus Covid-19. Tercatat 12 kecamatan di Pekanbaru sudah berada di zona hijau atau tidak terdampak sebaran Covid-19. 

"Terjadi penurunan kasus positif Covid-19. Sejumlah kecamatan sudah berada di zona hijau, 3 kecamatan lainnya berada di zona kuning atau sebaran rendah," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (8/5/2022). 

Ia memaparkan, tiga kecamatan yang masih berada pada zona kuning yakni kecamatan Limapuluh, Rumbai, dan Senapelan. Sementara itu, berdasarkan pemetaan per kelurahan, mayoritas sudah berada di zona hijau.

"Dari 83 kelurahan yang ada, 79 di antaranya sudah berada pada zona hijau. Sementara, empat kelurahan lainnya masih di zona kuning seperti Padang Bulan, Pesisir, Rintis, dan Sri Meranti," terang Zaini.

Walaupun ada penurunan kasus, Kota Pekanbaru belum mengalami penurunan status level PPKM. Kota Pekanbaru saat ini masih berada pada PPKM level 2 yang berlangsung sejak 26 April 2022.

Penerapan PPKM level 2 berlanjut hingga 9 Mei 2022 mendatang. Ketentuan ini berdasarkan Inmendagri Nomor 23 tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1.

Zaini pun mengingatkan masyarakat selalu menjaga kesehatan saat beraktivitas. Ia mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Masyarakat harus mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19 di pusat keramaian dan pusat perbelanjaan. Apalagi ada sejumlah kelonggaran aktivitas masyarakat selama PPKM level 2 di Kota Pekanbaru.

"Tetap jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan," pungkasnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar