Pertengahan Juni, Jamaah Haji Riau Menuju Embarkasi Batam

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin. Istimewa.

PEKANBARU - Setelah dua Tahun tidak memberangkatkan Jamaah haji karena Dampak Pandemi Covid – 19, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka peluang Jamaah luar Negaranya untuk dapat melaksanakan Ibadah haji.

Tahun 1443 H/2022 M terdapat 2.290 Jamaah Haji Riau yang akan diberangkatkan melaksanakan Rukun Islam ke lima tersebut. Dari jumlah tersebut terdapat 2.304 Jamaah Reguler, 12 Petugas Haji Daerah (PHD), 2 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 10 orang Petugas Kloter yang dibatasi dengan Usia 65 tahun per tanggal 30 Juni 2022.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan keberangkatan jamaah haji, Insyaallah sesuai dengan rencana Jamaah Haji Indonesia akan masuk asrama pertama pada tanggal 3 Juni 2022, artinya tanggal 4 Juni Jamaah Indonesia sudah terbang ke Madinah untuk melaksanakan rangkaian Ibadah haji, untuk jamaah Provinsi Riau akan diberangkatkan  melalui Embarkasi Haji Batam, Untuk Riau direncanakan pertengahan juni, saat ini masih menunggu surat resmi kloter keberapa jamaah haji  akan di berangkatkan dari Embarkasi Batam,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin,Jumat (19/5/2022).

Mengingat waktu yang terbatas, Kakanwil Kemenag Riau menginstruksikan Kemenag Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan proses penyelesaian Dokumen, Layanan terhadap jamaah haji di daerah serta pemantapan manasik haji didaerah.

“Saya berharap Kementerian Agama Kab/kota dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk jamaah haji di wilayahnya yang waktu persiapannya sangat singkat, sehingga keberangkatan Jamaah haji di Provinsi Riau berjalan baik dan lancar,”Harapnya.

Perlu diketahui, saat ini seluruh Jamaah Haji Provinsi Riau yang masuk dalam daftar keberangkatan Tahun 1443 H/2022 M dan telah melunasi BPIH sedang mengikuti Bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh Kemenag Kab/Kota. Hal tersebut sesuai dengan Kepdirjen No. 146/Tahun 2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Jamaah Haji Reguler Tingkat Kab/Kota dan Kecamatan Tahun 1443 H/2022 M.

Adapun sebaran Jamaah Haji Prov. Riau sebagai berikut :Kota Pekanbaru berjumlah 464 Jamaah, Kampar 393, Bengkalis 132, Siak 105, Indragiri Hilir 302 , Rokan Hilir 130, Rokan Hulu 241, Kuansing 116, Pelalawan 149, Kota Dumai  90, Kep Meranti  66 Jamaah.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar