Lelang Sampah Segera Dimulai, Sarpras Pengelola jangan Hanya di Atas Kertas


PEKANBARU- Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru, Rois, lagi- lagi mengingatkan Pemo Pekanbaru harus selektif dalam pemilihan pihak ketiga pengelola sampah di tahun 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan mengingat lelang pengelolaan sampah akan dimulai di awal Bulan Desember 2022 ini.

Rois, menegaskan, pemenang tender nantinya harus perusahaan yang benar-benar maksimal dalam bekerja, jangan sampai kesalahan yang sama terulang kembali dalam pengelolaan sampah.

"Yang pasti, Pemko harus betul-betul selektif. Perlu ada regulasi yang jelas terhadap pengelolaan sampah menggunakan pihak ketiga ini lagi," tegasnya, Rabu (30/11/2022).

Regulasi yang dimaksud terkait kepastian sarana prasarana yang dimiliki oleh pihak swasta itu, jangan sampai berbeda dengan apa yang telah disepakati dalam proyek nantinya.

"Ini harus jelas, termasuk berapa jumlah unit armada angkutan sampah yang harus dipenuhi. Jangan di atas kertas tertulis 35 unit, tapi ternyata yang tersedia di lapangan hanya 25 unit. Itulah yang menjadi kacau," urainya.

Rois, mengulang, Pemko Pekanbaru harus jeli dalam penyeleksian perusahaan yang ikut lelang proyek sehingga didapatkan perusahaan yang bonafide.

Jika Pemko mengabaikan hal itu, persoalan serupa dengan persoalan sampah akan kembali muncul dan tak kan pernah selesai.

"Perusahan itu harus benar-benar profesional, berpengalaman dan serius menangani tumpukan sampah yang masih jadi PR bagi kita. Ingat, jangan masuk ke lubang yang sama," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar