100 Personel Satpol PP Pekanbaru Turut Amankan Tour de Siak

Kepala Satpol PP Pekanbaru Iwan Simatupang, saat mengikuti apel gelar pasukan pengamanan Tour de Siak, di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (30/11/2022).

PEKANBARU- Sebanyak 100 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, bakal dikerahkan untuk membantu pengamanan Tour de Siak yang sesuai jadwal digelar awal Desember mendatang.

"Kita sifatnya kan mendukung kegiatan tersebut, karena panitia pelaksananya kan di provinsi. Namun dalam hal ini, Satpol PP Pekanbaru diminta untuk turut mendukung. Kita akan turunkan 100 personel," ungkap Kepala Satpol PP Pekanbaru Iwan Simatupang, Rabu (30/11/2022).

Selama pelaksanaan Tour de Siak, kata dia, personel Satpol PP Pekanbaru akan ditugaskan dan ditempatkan di titik-titik yang menjadi lintasan para pesepeda khususnya di hari H 4 Desember 2022.

"Karena kebetulan itu berbarengan dengan pelaksanaan Car Free Day (CFD). Untuk itu kami berharap kepada pelaku UMKM agar bisa menahan diri dulu untuk tidak melaksanakan kegiatan usahanya supaya lebih tertib," ucapnya.

"Karena nanti di sekitaran Jalan Sudirman khususnya depan kantor Gubernur sampai Cut Nyak Dien, di gedung BRK itu akan dijadikan arena untuk start dan finish dari pembalap. Sehingga nanti kita akan lebih fokus untuk pengamanan di sana," ucapnya.

Kemudian sebelum hari H, sebut Iwan, pihaknya akan melakukan kegiatan pengecekan rute-rute dari pedagang kaki lima. 

"Ataupun nanti hal-hal yang bisa mengganggu penyelanggaraan ketentraman dan ketertiban umum," pungkasnya.

Seperti diketahui, Toer de Siak tahun 2022 terdapat tiga etape. Dimana etape pertama City Race Siak sepanjang 88 kilometer (Km) empat putaran.

Kemudian etape kedua, Siak - Pekanbaru Race sepanjang 124 Km. Etape kedua melewati Lubuk Dalam, Kerinci Kanan - Simpang Lago (Pelalawan) - masuk jalan Lintas Timur - masuk Pekanbaru lewat Jalan Harapan Raya - Jalan Sudirman Pekanbaru dan finish di kantor Gubernur Riau.

Sementara etape ketiga City Race Pekanbaru sepanjang 120 Km. Titik star dari simpang jalan Cut Nyak Dhien menuju Jembatan Siak IV - Bundaran Chevron Rumbai - Jalan Paus Rumbai - Simpang Bingung - Bundaran Jalan Riau - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Tuanku Tambusai - Jalan Arifin Achmad - Jalan Sudirman dan finish di Jalan Cut Nyak Dhien Pekanbaru (tiga putaran). 

Sedangkan jadwal pelaksanaan Tour de Siak dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 mendatang. Tour de Siak diawali dengan parade atlet dan opening ceremony pada 1 Desember 2022 di Kota Pusaka.

Selanjutnya tanggal 2 Desember peserta akan melalui etape pertama, tanggal 3 Desember etape dua dan tanggal 4 Desember etape tiga. Lalu untuk closing ceremony Tour de Siak akan dilaksanakan di Pekanbaru.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar