Berlangsung Sukses dan Meriah, Ini Daftar Pemenang Film Short Movies ECA 2023


PEKANBARU - Ivent tahunan English Communication Awards (ECA) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) di Bioskop CGV Transmart Pekanbaru, Senin (17/7/2023) malam, berjalan sukses dan meriah.

Sebanyak 12 film short movies karya anak kampus satu persatu diputar di layar lebar dengan disaksikan Wakil Rektor III UMRI, Jufrizal Syahri, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, Hazli Fendriyanto, Dekan Ilkom UMRI, Jayus Kaprodi Fitria Mayasari, Dosen Pengampu Nora Anzelita, para dosen Ilkom UMRI, sponsor dan mahasiswa.

Ivent tahunan kali ini diikuti lebih kurang 300 an mahasiswa yang dibagi ke beberapa kelompok. Selanjutnya, para mahasiswa diberikan tugas untuk membuat karya film short movies sebagai pengganti tugas mata kuliah. ECA tahun ini berjalan begitu meriah dengan banyaknya hadiah yang diberikan kepada pemenang, selain tentunya apresiasi dari Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.

Juri yang terdiri dari perwakilian dosen Ilkom UMRI memberikan hadiah pemenang kepada Back on God’s Way (Efek Production) dalam nominasi best poster, Taking youth (TwoB Production) menjadi juara nominasi best teaser, pemenang nominasi best story yakni Missing you (Blind Project), nominasi best english delivery yakni Own Space (Chapter Production), nominasi best cinematography yakni Stutter (Golly Gee Film).

Sementara pemenang Best editor yakni Ahmad Mario (Stutter), Best Director yakni Eunike Danis Cahyaningrum (Lost). Untuk nominasi best actor atau actress yakni Handika Surya Ramadhan (Destiny), nominasi best team yakni Ambawani production dan nominasi best short movie tahun 2023 adalah Anagapesis (Art Cinema). Sebagai pemenang Art Cinema berhak menerima hadiah uang tunai, piala, plakat dan menginap di Khas Hotel Pekanbaru yang disponsori CAKAPLAH.COM

Wakil Rektor III UMRI, Jufrizal Syahri dalam sambutannya mengaku bangga melihat karya film anak-anak Fakulkas Ilmu Komunikasi UMRI bisa ditayangkan di bioskop layar lebar.

"Apalagi karya film ini sudah dibuat dua kali di bioskop dan dua kali di lingkungan kampus. Artinya acara ini sangat diminati oleh para mahasiswa dan memberikan efek yang sangat positif. Untuk itu, saya mendukung dan mengapresiasi karya film para mahasiswa ini," ujarnya.

Jufrizal berharap, para mahasiswa terus membawa nama baik Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan terus melahirkan karya-karya terbaik. Contohnya dengan karya film pendek.

"Mudah-mudahan tahun depan, UMRI bisa melibatkan langsung Pemerintah, agar acaranya bisa lebih besar dan lebih banyak hadiahnya. Apalagi malam ini Pak Kadispora Pekanbaru menonton langsung," ujarnya menambahkan.

Di tempat yang sama, Kepala Dispora Pekanbaru, Hazli Fendriyanto sangat mengapresiasi gelaran film pendek yang dimotori oleh mahasiswa dari ilmu komunikasi UMRI.

"Bahkan Pak Pj Walikota Pekanbaru Muflihun sampai membuat video apresiasi langsung dari Jakarta di tengah kesibukan beliau menghadiri acara dengan Mendagri. Dan beliau merekam sendiri. Artinya ivent ini sangat diapresiasi dan didukung oleh beliau," cakapnya.

Hazli juga berharap agar para mahasiswa UMRI bisa membuat karya film pendek tentang Kota Pekanbaru. "Jadi bukan hanya tentang pendidikan saja. Kalau bisa tentang Kota Pekanbaru," imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Pengampu English Communication, Nora Anzellita tidak menyangka antusias penonton yang datang dari tahun ke tahun akan semakin bertambah.

"Gelaran acara malam ini tentunya diluar ekspektasi panitia dan saya. Meskipun hanya film kampus, tapi antusiasme dari para penonton ternyata sangat luar biasa. Apalagi karya para mahasiswa yang menggunakan bahasa Inggris ini disaksikan langsung Pak Kadispora Pekanbaru, Pak Wakil Rektor dan Pak Dekan Ilkom UMRI," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Nora juga mengucapkan Terimakasih kepada Kadispora Pekanbaru, Wakil Rektor III, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, para Dosen, sponsor dan seluruh panitia acara yang telah menyukseskan acara ECA tahun 2023.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung serta menyukseskan acara ini. Khususnya CAKAPLAH.COM yang setiap tahun menjadi sponsor acara ECA," imbuhnya.

Ketua Panitia ECA tahun 2023, Agus Kurniawan mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang ECA 2023. Ia juga menyampaikan permohonan maaf, jika dalam pelaksanaan acara kurang maksimal dalam menyambut tamu undangan dan sponsor. 

"Alhamdulilah ini pertama kalinya saya bersama teman-teman membuat acara besar. Terimakasih kami ucapkan kepada Kadispora Pekanbaru, Wakil Rektor III, Dekan, Mam Nora dan para dosen yang telah mensupport acara ini, termasuk ucapan Terimakasih kepada para sponsor," pungkasnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar