KPK Dorong Pembenahan Data Bansos dan Aset Papua Rp21 Miliar

Poto bersama saat kegiatan Rakor di Papua

PEKANBARU- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong seluruh kepala daerah di lingkungan Provinsi Papua untuk membenahi basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data penerima bantuan sosial se-Provinsi Papua.

KPK menemukan 89 persen atau sekitar 1,5 juta data penduduk Papua penerima bantuan sosial dari total sekitar 1,69 juta, tidak padan dengan data nomor induk kependudukan (NIK) pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Dalam rangkaian kegiatan monitoring evaluasi (monev) selama sepekan ke depan di Provinsi Papua, KPK menyelenggarakan rapat koordinasi, kemarin (12/11). Kegiatan itu dihadiri seluruh kepala daerah beserta kepala OPD terkait dan para pemangku kepentingan di Provinsi Papua seperti Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib, Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Papua, juga perwakilan Kementerian Sosial, Kejati, Polda, Kanwil BPN, BPK, BPKP, dan BPS perwakilan Papua.

Rapat membahas langkah untuk melembagakan pembenahan DTKS secara sistematik. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penadatanganan komitmen dan rencana aksi pembenahan DTKS oleh seluruh kepala daerah di Provinsi Papua.

Koordinator Wilayah VIII Koordinasi dan Supervisi bidang Pencegahan KPK Adlinsyah M. Nasution, juga merekomendasikan agar Pemda se-Papua secara serius membangun sistem informasi dan database orang asli Papua (OAP).

"Harapannya, dengan data terpadu peningkatan kesejahteraan OAP dari tahun ke tahun dapat diukur,” katanya.

Dari 30 pemerintah daerah di Provinsi Papua, baru tiga kabupaten/kota yang telah melakukan finalisasi data terpadu, yakni Kabupaten Merauke, Jayawijaya, dan Keerom. Selain membahas pembenahan DTKS, kata Adlinsyah, KPK juga terus mendorong Pemda memperkuat dan mengoperasionalkan penertiban dan pengamanan aset milik pemda dengan membangun kerja sama kepada Kejaksaan dan BPN.

"KPK menemukan masih banyak aset milik Pemda yang dikuasai secara tidak sah oleh pihak lain,” katanya.

Hingga saat ini, KPK mencatat sekurangnya total Rp21 miliar aset Pemda se-Provinsi Papua telah diselamatkan. Aset tersebut di antaranya berupa tiga bidang tanah/bangunan senilai Rp1,45 miliar dan 42 kendaraan dinas (randis) senilai Rp7,4 miliar milik Pemkot Jayapura. Kemudian 17 unit Randis milik Pemkab Jayapura senilai Rp3,7 miliar, 14 unit randis milik Pemkab Biak Numfor senilai Rp2,8 miliar. Selanjutnya, 2 unit randis milik Pemkab Boven Digoel senilai Rp2,2 miliar, 6 unit randis milik Pemkab Intan Jaya senilai Rp1,76 miliar. Dan 11 unit Randis milik Pemkab Asmat senilai Rp1,3 miliar, dan 2 unit randis milik Pemkab Puncak Jaya senilai Rp636 juta.

“KPK meminta kepada Pemkab Yalimo, Pemkab Supiori dan sejumlah pemda lainnya untuk menyerahkan data nilai aset yang masih dalam penguasaan pihak lain,” tegas Adlinsyah.

Terkait aset-aset yang bermasalah itu diharapkan dapat diselesaikan melalui prosedur perdata dan tata usaha negara (Datun) dengan penyerahan surat kuasa khusus (SKK) dari kepala daerah kepada kepala kejaksaan. Kejaksaan selanjutnya akan menjadi jaksa pengacara negara (JPN) bagi Pemda untuk melakukan pengamanan dan penyelamatan aset Pemda.

Sementara, kerja sama dengan BPN terkait upaya mendorong akselerasi sertifikasi aset tanah/bangunan milik Pemda. Dari data yang disampaikan, baru 49 persen yakni 2.242 yang telah bersertifikat dari sekitar total 4.568 bidang tanah milik Pemda. KPK menilai data ini baru sebagian yang dilaporkan, diduga masih lebih banyak bidang tanah milik pemda yang belum bersertifikat.(iky)

Sumber: https://www.facebook.com/KomisiPemberantasanKorupsi


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar