Harapkan Kasus Bullying tak Terulang Lagi 

Kadisdik Minta Guru Profesional

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, memberikan penghargaan kepada siswa SD di Pekanbaru.

PEKANBARU- Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, meminta kepada seluruh tenaga pendidik untuk menjadi guru yang profesional. Memiliki kewenangan dan tanggungjawab terhadap pendidikan siswa baik secara individual maupun klasikal. Sebab siswa yang dididik oleh guru profesional akan membuat kualitas dan mutu pendidikan bagi siswa mengalami peningkatan.

Pernyataan tersebut disampaikan Abdul Jamal, menanggapi persoalan terjadinya kasus bullying disertai kekerasan yang terjadi di salahsatu SMPN di Pekanbaru bahkan sampai berlanjut ke proses hukum. Dalam persoalan itu Kadisdik juga berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi di sekolah- sekolah yang ada di Kota Pekanbaru.

" Kita minta guru itu profesional, guru yang profesional itu yang selalu memperhatikan anak didiknya. Mulai dari masuk sekolah sampai pulang itu adalah tanggungjawab sekolah, guru dan kepala sekolah dalam pembelajaran. Kita sudah sering sampaikan itu," kata Abdul Jamal, Ahad,(1/12/2019).

Ditanya apa langkah yang akan dilakukan pihaknya untuk menghindari kejadian terulang, Kadisdik, mengatakan, sudah membentuk sekolah sahabat keluarga. Selanjutnya, sudah menerapkan sistem zonasi yang juga menjadi bagian dari menghindari persoalan Bully, sebab antara orangtua dan siswa sudah saling kenal. Sehingga mereka bisa berkomunikasi terkait perkembangan anaknya, jadi kalau ada indikasi menyimpang segera diketahui.

" Dalam sekolah sahabat keluarga ini melibatkan peran orangtua, paling tidak dalam sepekan itu ada pertemuan antara guru dan para orangtua. Sebab untuk masalah pengawasan anak tidak cukup dilakukan oleh pihak sekolah saja melainkan juga dibutuhkan peran dari orangtua," jelas Jamal.

Kepada orangtua siswa Jamal, juga berpesan untuk selalu menanyakan terkait perkembangan dan kegiatan yang terjadi di sekolah kepada anak- anaknya. Artinya orangtua harus lebih mendekatkan diri kepada anak, sehingga perkembangan sikap mereka bisa terus terawasi.(iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar