Satu setengah jam Razia

Tim Terpadu Amankan 35 Gepeng di Lima Lokasi

Kepala Dinas Sosial Pekanbaru, Chairani, memberi arahan kepada 36 Gepeng yang diamankan.

PEKANBARU- Usai menggelar razia selama satu setengah jam di lima lokasi tim terpadu yang terdiri dari Dinas Sosial, Satpol PP dan Polda Riau, mengamankan sebanyak 35 Gelandangan dan Pengemis.

Dari jumlah yang diamankan kebanyakan masih tergolong anak-anak dengan aktivitas bervariasi mulai dari menjual tisu, mengemis dan lainnya. Turut diamankan pula beberapa orang anak punk, orang gila dan pria muda berprofesi sebagai pengemis dengan modus berpura-pura buta.

Saat penertiban berlangsung banyak diantaranya yang mencoba lari melihat petugas mendatangi tempat mangkal mereka. Mulai dari persimpangan lampu merah sampai ke rumah-rumah kosong yang ada di wilayah itu.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani, usai penertiban mengatakan, razia yang digelar selain untuk melaksanakan Tugas  Pokok dan Fungsi sehari - hari Dinas Sosial juga menindaklanjuti hasil rapat yang digelar kemarin bersama sejumlah OPD termasuk Polda Riau dan pihak Polresta.

" Razia ini menindaklanjuti hasil rapat kemarin bersama sejumlah OPD termasuk  dari Polda Riau dan Polresta. Menyampaikan sudah banyak laporan warga yang mengeluhkan keberadaan Gepeng menjamur terutama dari anak-anak. Alhamdulillah satu setengah jam kita razia 35 orang berhasil kita amankan," kata Chairani.

Hingga berita diterbitkan pendataan masih berlangsung di Mako Satpol PP Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman. Chairani melanjutkan, pendataan yang dilakukan untuk mengetahui apakah aktivitas yang dijalankan anak-anak itu murni karena keinginan mereka atau karena tuntutan ekonomi.

" Kita data dulu berikut mengklasifikasikannya apakah aktivitas yang dijalankan murni karena keinginan anak-anak itu atau karena  tuntutan ekonomi atau mereka memang dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab. Nanti baru kita arahkan ke selter (penampungan), disana nanti akan kita bedah lagi sesuai klasifikasi anaknya dan di assesmet," tutup Kadinsos.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pekanbaru, Agus Pramono, melalui Kabid Ops Desheriyanto, mengatakan, dari beberapa lokasi yang disisir banyak Gepeng yang berusaha melarikan diri. 

Bukan hanya menyisir jalanan saja puluhan personel yang diturunkan dalam razia itu juga menyisir sampai ke bangunan- bangunan kosong yang ada di Jalan HR. Soebrantas.

" Kita turunkan dua pleton personel menyisir keberadaan Gepeng. Ada yang coba lari tadi, tapi bisa diamankan. Dari hasil tangkapan kita memang yang terbanyak dari anak-anak dengan aktivitas bervariasi," jelas Desheriyanto.

Berikut rincian Gepeng yang diamankan terdiri dari anak punk, pengamen, asongan, dan gangguan jiwa.

* Anak-anak (15 org) 
* Laki-laki dewasa (14 org)
* Wanita dewasa (6 org)

Ket. 1 org laki-laki gangguan jiwa.

Lokasi: Simp. 4 lampu merah tugu zapin, simp. 3 lampu merah Gadjah mada, T. Tambusai, Simp. 4 lampu merah mall SKA, simp. 4 lampu merah tabek gadang dan simp. 3 lampu merah bandara sultan syarif qasim II. (iky).

 

 

    


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar