21 Sekolah di Pekanbaru Terima Penghargaan Adiwiyata 2019 Tingkat Kota

Wako Pekanbaru, Firdaus, memberikan penghargaan Adiwiyata tingkat kota 2019

PEKANBARU- Sebanyak 21 sekolah di Kota Pekanbaru menerima penghargaan Adiwiyata tahun 2019 untuk tingkat kota. Jumlah tersebut berdasarkan hasil penilaian yang sudah dilakukan pada Bulan Oktober 2019 lalu.

Pengumuman pemberiam penghargaan sudah dilaksanakan saat peringatan Hari Ibu Senin,23 Desember 2019 di halaman Mal Pelayanan Publik Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman. Diserahkan langsung Walikota Pekanbaru, Firdaus,MT.

21 sekolah tersebut terdiri dari SDN 107, SDN 123, SDN 189, SDN 61, SDN 193, SDN 99, SDN 131, SDN 96, SDN 190, SDN 14, SDN 40, SDN 194, SDN 187, SD Cendana Pekanbaru, SDIT Al Ittihad dan SDN 161, 

Selanjutnya SMP 11, MTs Hasanah, SMAN 3, SMK Abdurrab dan SMKN 5 Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru, Firdaus, dalam pemaparan singkatnya mengatakan, melalui sekolah Adiwiyata diharapkan dapat menjadi tempat untuk mengasah kepedulian dan budaya lingkungan bagi siswa.

"Karena sejatinya perubahan dimulai dari hal sederhana yaitu dari anak muda," kata katanya.

Firdaus menyebut, butuh sinergi dari semua pihak dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Satu caranya yakni pendidikan karakter.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, sudah 70 persen sekolah di Pekanbaru menerapkan program Adiwiyata.

Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.

" Di Pekanbaru sudah 70 persen sekolah menerapkan program Adiwiyata untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang andal dan peduli terhadap lingkungan. Ada 24 kegiatan yang dijalankan di setiap sekolah termasuk ada yang namanya sekolah sehat, sekolah ramah anak dan sekolah adiwiyata. Adajuga sekolah sahabat keluarga dan lainnya termasuk akan membentuk sekolah siaga," kata Abdul Jamal.

Dengan adanya program Adiwiyata di sekolah, Jamal, berharap, seluruh masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh. 

Tujuannya membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Meski Program Adiwiyata digagas oleh Kementarian Lingkungan Hidup, namun selaku instansi yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan, Dinas Pendidikan berkomitmen mendukung program tersebut terlaksana sepenuhnya pada semua sekolah di Pekanbaru.

"Program Adiwiyata merupakan pembelajaran secara tidak langsung yang akan didapatkan oleh siswa. Kami di lembaga pendidikan mendukung program ini terlaksana, bahkan membantu dinas terkait lainnya mengoptimalkan pelaksanaannya," jelas Abdul Jamal.(iky).

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar