Tahun Ini USBN Tingkat SD Ditiadakan

Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal

PEKANBARU- Mulai tahun 2020 ini Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) untuk tingkat Sekolah Dasar ditiadakan. Diganti dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS), yangmana untuk soal pihak sekolah yang membuat begitujuga dengan pengawas diambil dari pihak sekolah tak adalagi pengawas silang.

" Ujian itu tetap ada tapi hanya UAS, dengan begitu tidak menakutkan lagi bagi siswa. Biasanya kalau yang namanya ujian nasional itu kan menakutkan bagi siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis, (16/1).

Menurut Kadisdik, kebijakan itu cukup efektif untuk memberikan penilaian kepada setiap siswa. Karena pihak sekolah tentu lebih mengetahui prestasi dan tingkah laku siswa disekolah. 

Penilaian juga diberikan seutuhnya kepada pihak sekolah bagi siswa nya.  Selama ini saat penentuan kelulusan nilai siswa dibagi antara nilai yang diberikan oleh pusat dan pihak sekolah sendiri.

Saat ini pihak sekolah punya kebijakan terhadap penilaian peserta didik dalam UAS. Proses penilaian nantinya juga jauh berbeda dengan USBN. 

Penyelenggaraan UAS untuk tahun ini, direncanakan mulai diberlakukan pada bulan Mei mendatang. 

Untuk penghapusan USBN sudah mulai disosialisasikan ke pihak sekolah di bawah naungan Disdik Kota Pekanbaru. 

"Karena ini sudah aturan pusat tentu kita dukung. Dan kita juga mengimbau kepada pihak sekolah untuk menyukseskan ini. Selain itu penilaian nanti juga harus dilakukan seobjektif mungkin terhadap siswa berdasarkan kompetensi siswa itu sendiri," tutup Abdul Jamal. (iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar