Semarak Aksi Barongsai Warnai Perayaan Cap Go Meh di Pekanbaru

Semarak aksi Barongsai warnai perayaan Cap Go Meh di Pekanbaru, Ahad, (9/2). (ANTARA/Riski Maruto).

PEKANBARU- Semarak aksi barongsai dari Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Pekanbaru warnai perayaan Cap Go Meh (hari ke-15 setelah tahun baru China) di  Kota Pekanbaru, Ahad, (9/2/2020).

Aksi barongsai yang dilakukan oleh belasan pemuda itu dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Pekanbaru yang disaksikan seribuan pengunjung yang hadir.

Barongsai yang merupakan kesenian tradisional China itu dilakukan dengan cara melompati beberapa tiang besi yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Bahkan beberapa kali barongsai yang menyerupai singa itu melemparkan permen ke arah penonton yang disambut berebutan untuk mendapatkannya.

Banyak masyarakat keturunan Tionghoa dan warga lokal menyaksikan barongsai yang atraktif tersebut, sambil mengabadikan momen dengan kamera telepon genggam.

Beberapa pengunjung juga memberi makan barongsai dengan amplop merah yang berisi uang.

Usai pertunjukan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, barongsai melanjutkan aksinya dengan berkeliling pusat perbelanjaan dengan mengunjungi toko-toko yang ada sambil berharap mendapatkan angpao.

Para barongsai berkeliling diiringi tetabuhan khas Tionghoa sambil diikuti beberapa anak-anak.

Wati salah satu warga Pekanbaru mengaku terhibur atas aksi barongsai tersebut, karena melihat kelincahan pemain barongsai yang gesit saat meloncat dari tiang satu ke tiang lainnya.

"Ngeri lihatnya, padahal barongsai berdiri di atas tiang yang cukup tinggi," katanya.

Cap Go Meh merupakan kegiatan penutupan perayaan Imlek yang pada umumnya dilakukan pada malam hari menggunakan aneka lampion warna-warni yang didominasi warna merah.

Saat merayakan malam tahun baru China di Kota Pekanbaru, ratusan petasan kembang api dinyalakan pada tengah malam dengan disaksikan masyarakat.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar