Walikota Sebut Tertib Arsip Cermin Budaya Bangsa

Suasana saat acara penyerahan laporan audit kearsipan internal tahun 2019 perangkat daerah se- Kota Pekanbaru, Senin,(10/2/2020), di ruang rapat walikota komplek perkantoran Tenayan Raya.

PEKANBARU- Walikota Pekanbaru, Firdaus,MT, menyebut, tertib arsip merupakan cermin badaya bangsa. Dia berharap agar peraturan Perundang-undangan tentang kearsipan dapat menjadi pedoman dalam menjawab persoalan yang selama ini melekat pada penyelenggaraan kearsipan. 

Mari kita menjunjung tinggi supremasi peraturan Perundang-undangan tentang kearsipan. kita harus menjamin bahwa tertib arsip merupakan cermin budaya bangsa," kata orang nomor satu di Pekanbaru itu saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan laporan audit kearsipan internal tahun 2019 perangkat daerah se- Kota Pekanbaru, Senin,(10/2/2020), di ruang rapat walikota komplek perkantoran Tenayan Raya.

Pada kesempatan itu Walikota juga memberikan penghargaan kepada perangkat daerah dengan kategori baik dan cukup sesuai hasil audit kearsipan internal di lingkungan Pemerintahan kota Pekanbaru. 

Hasil audit kearsipan internal tersebut bertujuan untuk memotret kondisi penyelenggaraan kearsipan masing-masing perangkat daerah yang belum dilakukan menurut peraturan Perundang-undangan tentang kearsipan.

Menurut Wako Firdaus, Salah satu indikator tata kelola pemerintahan yang baik ditentukan dengan tata kelola pengarsipan yang baik. Untuk mewujudkan budaya tertib arsip secara optimal dibutuhkan pengawasan kearsipan untuk mengawal dan mengawasi penyelenggaraan kearsipan. 

" Tujuan Pengawasan internal Kearsipan itu bukan untuk menghukum, tapi bagaimana perangkat daerah sebagai pencipta arsip melaksanakan pengelolaan arsip di lingkungan masing-masing secara prosedural dan sistemik," jelas Wako.

Selain dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Pekanbaru berikut para camat dan lurah, kegiatan tersebut juga diikuti Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Elsyabrina, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Baharuddin dan undangan lain. (Infoterial).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar