Sepanjang Tahun 2020, 19 Kejadian Karlahut di Pekanbaru

Diklat Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kota Pekanbaru, Senin (2/3/2020).

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru mencatat sepanjang tahun 2020 ini telah terjadi sebanyak 19 Kebakaran Lahan dan hutan (Karlahut) di Pekanbaru dengan total lahan terbakar seluas 59,39 hektare.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, BPBD telah berupaya memadamkan lahan terbakar semaksimal mungkin. 

Rata-rata disebabkan faktor oknum tak bertanggung jawab yang hendak membuka lahan.

"Dari 19 kejadian kami sudah pastikan dan mengecek setelah pemadaman per-satu titik wilayah terjadinya Karlahut di tanah gambut dan tanah biasa itu sudah Zero Fire dan Zero Hotspot,"kata Zarman, Senin,(2/3/2020).

Karlahut terjadi di sejumlah Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Diantaranya di Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai, Rumbai Pesisir, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Kecamatan Bukit Raya.

"Kepada 5 Camat yang wilayahnya belum terjadi musibah Karlahut, untuk dapat menyampaikan imbauan kepada masyarakatnya janga  membuka lahan dengan cara membakar. Jangan membakar sampah dekat lahan kosong. Sebab, dua faktor itu tertinggi terjadinya Karlahut," jelasnya.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, meminta agar langkah antisipasi Karlahut
dan banjir dilakukan sejak dini. 

Artinya, begitu ada yang terbakar, petugas diminta langsung bergerak.

"Pemadaman sejak awal mencegah kebakaran lahan meluas," kata Ayat, saat agenda Diklat Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kota Pekanbaru, Senin (2/3/2020).

Selain Karlahut, ancaman bencana lain yakni banjir dan angin puting beliung. 

Kedua bencana itu harus diantisipasi sejak awal. 

"Untuk antispasi itu semua, perlu kesiapsiagaan petugas. Jangan santai saat tidak terjadi bencana," kata Ayat.

Wawako juga berpesan agar petugas terus melatih fisik dan kesehatan serta kondisi tubuh untuk lakukan upaya penyelamatan.

"Juga harus membekali diri dalam upaya penanggulangan bencana,"tutupnya. (iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar