Tanamkan Kecintaan Alquran, Pemko Gelar Pelatihan Khattil dan Hadist

Tanamkan Kecintaan Alquran, Pemko Gelar Pelatihan Khattil dan Hadist

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan gabungan khattil serta hadist, Sabtu (26/2).

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Firdaus komplek SMP Madani, Jalan Kasah, Kecamatan Marpoyan Damai ini dibuka secara resmi oleh Wali kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Wali kota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si yang juga selaku Ketua LPTQ, serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota.

Dikatakan wali kota, ada sejumlah pelatihan yang digelar pada kegiatan itu di antaranya khattil atau seni kaligrafi, hafalan hadist dan dekorasi.

"Dekorasi, itu biasanya untuk merancang bangunan, kaligrafi-kaligrafi di masjid. Kalau ini khusus untuk hiasan. Kemudian ada juga kontemporer, objeknya dalam bentuk kombinasi antara alam dan ayat-ayat Alquran," ungkapnya.

Melalui pelatihan itu, walikota berharap bisa membentuk dan mengasah skill bagi generasi muda.

"Jadi harapan kita, keterampilan yang sudah dimiliki, karena rata-rata mereka sudah punya dasar bahkan sebagian juga sudah profesional, tetapi kan mesti diulang-ulang. Maka kita beri motivasi dan kesempatan berlatih kepada anak-anak," ungkapnya.

"Sehingga ketika ada iven untuk bertanding, anak-anak kita ini bisa mewakili Pekanbaru dalam MTQ baik itu tingkat provinsi maupun nasional," ulas Wali kota Firdaus yang bergelar Datuk Bandar Setia Amanah ini.

Lebih jauh disampaikannya, kegiatan yang ditaja LPTQ itu juga salah satu upaya pemerintah kota untuk menanamkan rasa cinta terhadap Alquran kepada generasi muda.

"Yang jelas, bagaimana anak-anak kita, remaja putra putri didorong, dimotivasi agar kecintaan terhadap Alquran bisa diwujudkan salah satunya melalui pelatihan karya-karya seni dan kaligrafi dari ayat-ayat Alquran," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar