Pemko Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD Pekanbaru Tahun 2021

Wakil Wali Kota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, SSi, saat membuka kegiatan Forum konsultasi publik.

PEKANBARU- Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Pekanbaru tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung Kamis,(13/2/2020), di Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, dibuka langsung Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Forum konsultasi publik dimaksudkan untuk menjaring aspirasi masyarakat pada tahap awal, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap arah kebijakan pembangunan Kota Pekanbaru di tahun 2021 mendatang.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional bahwa pembangunan disusun secara sistimatis, terarah, terpadu dan menyeluruh serta responsif untuk menjamin pelaksanaan pembangunan yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

"Penyusunan perencanaan pembangunan daerah tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Daerah namun bersama masyarakat dan para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing untuk mengintegrasikan perencanaan dengan pembangunan daerah dan dilaksanakan sesuai kondisi dan potensi yang dimiliki daerah, agar integrasi pembangunan dapat berjalan secara lebih optimal,” kata Ayat Cahyadi.

Pada kesempatan itu, Ayat Cahyadi juga meminta seluruh peserta untuk dapat berpartisipasi aktif menyampaikan saran, usulan dan masukan sehingga forum tidak hanya sebagai formalitas namun memiliki nilai substansial.

"Forum konsultasi publik ini sebagai sarana untuk mempertegas sasaran Pemko Pekanbaru pada 2021 nanti," katanya.

Dijelaskannya, RKPD yang dibahas diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Pekanbaru, Provinsi dan juga target pemerintah pusat.

Ayat Cahyadi juga  mengatakan, Pemko Pekanbaru harus memaksimalkan bidang perdagangan, industri dan jasa. 

"Sektor ini akan menjadi andalan dalam pertumbuhan ekonomi di Pekanbaru," tambahnya. 

Selain Wakil Walikota Ayat Cahyadi, forum publik juga diiikuti staff Ahli, Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala Balitbang, Kadisdik, Kalaksa BPBD dan unsur Forkopimda Pekanbaru serta Camat/Lurah sekota Pekanbaru.(Advertorial).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar