Pasca Tanggap Darurat, Pemprov Riau Beli Alat Uji Swap Rp7 Miliar

Pasca Tanggap Darurat, Pemprov Riau Beli Alat Uji Swap Rp7 Miliar.

PEKANBARU- Gubernur Riau, Syamsuar, sudah menaikkan status dari siaga menjadi tanggap darurat Covid-19 yang berlaku mulai Jumat (3/4/2020) hingga 29 Mei 2020. Penetapan status tanggap darurat seiring dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 di Riau. 

Pasca tanggap darurat tersebut Pemerintah Provinsi Riau sudah membeli peralatan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk uji swab.

" Peralatan senilai Rp7 miliar ini insyaAllah bisa digunakan pekan depan," kata Syamsuar, melalui akun fansfage FB miliknya yang diposting, Sabtu, (4/4/2020), malam.

Selain membeli peralatan swap, disampaikan pula untuk sarana pendukung pembangunan Labkesda di RSUD Arifin Achmad Riau juga sedang dikerjakan menyesuaikan dengan labor standar WHO.

Jika nanti izin dari Kementerian Kesehatan RI sudah keluar, hasil swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 akan lebih cepat didapatkan.

Selain itu Pemprov Riau, juga menyiapkan hotel Aryaduta untuk dijadikan tempat sementara menginap tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 di Pekanbaru.

" Tenaga medis ini juga akan disediakan mobil khusus untuk antar jemput mereka dari hotel menuju rumah sakit," katanya.

Para tenaga medis sampai dengan sopir Ambulance, akan diberikan tambahan insentif sebagai bentuk dukungan pada mereka yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Disamping itu, Pemprov Riau juga sudah menyiapkan lahan sekitar tiga hektar untuk lokasi pembakaran sampah medis dan sekaligus tempat pemakaman bagi pasien Covid-19.

Berbagai upaya terus dilakukan secara terukur, termasuk mengalihkan anggaran non prioritas untuk penguatan pengendalian Covid-19. 

" Saya tetap mengimbau masyarakat untuk konsisten mengikuti imbauan pemerintah, tetap di rumah, lakukan psycal distancing.
Semoga berbagai upaya ini diridhoi Allah Swt, terus berdoa serta berikhtiar, dan semoga bencana non alam covid-19 ini dapat segera berlalu," imbuhnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar