Pasien Positif Riau Tambah 2, Covid- 19 Berisiko Tinggi Terhadap Orang Berusia di Atas 60 Tahun

Data Pantauan COVID-19 Riau, Jum'at, 17 April 2020.

PEKANBARU- Juru Bicara Gugus Tugas Covid- 19 Provinsi Riau, dr. Indra Yopi, mengatakan, Covid-19 adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Dengan penularan, penyebaran, penjangkitan penyakit (transmisi) yang sangat cepat dan sangat mudah.

Namun meski demikian, dapat dicegah dan dihindari dengan cara yang tidak susah asal disiplin memakai masker, cuci tangan dan disiplin untuk menjaga dan mengontrol diri. Artinya, jika tak punya kepentingan di luar jangan keluar rumah.

" Covid- 19 sangat berisiko tinggi pada orang- orang yang umurnya sudah di atas 60 tahun. Kita melihat dari total jumlah kasus PDP sebanyak 298, 26 diantaranya sudah meninggal dunia. Dari jumlah PDP yang meninggal dunia itu 4 diantaranya positif Covid- 19. Sedangkan yang lain tidak tapi meninggal dunia karena penyakit- penyakit berat. Inilah yang harus kita waspadai supaya transmisi- transmisi yang tidak diinginkan ini tidak terjadi," katanya,saat konferensi Pers update Covid-19, di Provinsi Riau, Jumat,(17/4/2020).

Cara yang paling penting adalah bagaimana menjaga supaya terutama orang- orang muda yang relatif sebagai pembawa untuk tetap di rumah jika tak ada keperluan. Sebabkalau terjadi infeksi yang paling berat dan berisiko tinggi terkena adalah  pada orang- orang yang yang punya penyakit kronis seperti diabetes, umur tua, hipertensi, kelainan jantung dan lain sebagainya.

" Inilah yang harus diperhatikan oleh masyarakat mohon patuhi terutama PSBB yang sudah diberlakukan di Kota Pekanbaru saat ini,"imbuhnya.

Yopi, menjelaskan, untuk pasien terkonfirmasi positif Covid- 19, Riau, pada hari Jumat, 17 April 2020, bertambah 2 sehingga total kini menjadi 26 kasus.

Pasien positif yang ke- 25, lanjut dia, adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah meninggal dunia sejak 4 hari lalu di Kabupaten Indragiri Hilir.

Berinisial, TN.A, usia 64 tahun, tidak mempunyai riwawat berpergian, tapi ditenggarai pernah berkontak dengan salahsatu saudara atau tetangga yang baru pulang dari Malaysia.

" Tapi itu belum bisa dipastikan, sejak beliau meninggal 4 hari lalu Diskes Kabupaten Inhil sudah melakukan Contact Tracking terhadap keluarga termasuk istri, anak dan tetangga," jelas Yopi.

Sedangkan pasien positif Covid- 19, ke- 26, berinisial NY. HHH, usia 28 tahun, warga Kecamatan Tampan.

Berdasarkan data pantauan Covid- 19 Riau, untuk jumlah total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 36.990, dalam proses pemantauan 10.373, selesai pemantauan 26.617.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan 298, masih dirawat 139, sehat dan pulang 133, meninggal dunia 26. Jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19, 26, dirawat 13 orang, sehat dan pulang 9 orang dan 4 orang meninggal dunia.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar