Kota Ini Gunakan Kotoran Ayam untuk Hentikan Wabah Corona

Ilustrasi kotoran ayam (Internet).

STOCKHOLM – Sebuah kota di Swedia menggunakan kotoran ayam untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) selama acara perayaan tahunan di kota itu Kamis (30/4/2020). Kok bisa?

Masyarakat di Kota Lund, yang berada di wilayah selatan Swedia, menyebarkan kotoran ayam di taman kota mereka. Aksi itu bertujuan untuk mencegah anak-anak muda yang biasanya berdatangan ke taman itu setiap 30 April untuk merayakan Malam Walpurgis.

Dalam situasi normal, acara itu biasanya diselenggarakan untuk menandai peralihan musim dingin ke musim semi dan musim panas yang lebih cerah. Malam Walpurgis biasanya dirayakan dengan piknik, pesta, dan api unggun di seluruh negeri, dan secara rutin dirayakan oleh ribuan pelajar atau anak muda di Swedia.

“Ini adalah taman di mana biasanya 30.000 orang berkumpul. Tetapi di tengah wabah Covid-19 sekarang, perayaan sebesar itu tidak terbayangkan. Kami tidak ingin Lund menjadi pusat penyebaran penyakit,” kata Wali Kota Lund, Philip Sandberg, kepada Reuters, Kamis (30/4/2020)

Swedia telah mengambil pendekatan yang lebih lunak dibandingkan banyak negara lain dalam hal pencegahan penyebaran wabah corona. Negeri Bangsa Nordik itu hanya sebatas mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak sosial.

Sejalan dengan kebijakan itu, pihak berwenang di setiap daerah pun telah meminta warga untuk tidak berkumpul guna merayakan Malam Walpurgis tahun ini. Namun, tidak ada larangan yang tegas untuk acara itu.

“Sebagian besar siswa di Lund dan bagian lain Swedia menghargai imbauan pemerintah. Karena, meski hanya sejumlah kecil orang yang pergi ke taman, itu dapat menjadi risiko besar,” ujar Sandberg, dikutip dari inews.id.***

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar