102 Tahun Lalu, Dunia Pernah Alami Pandemi Serupa Covid-19

Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

JAKARTA- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus corona (Covid-19) sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020 yang lalu. Ternyata, pandemi virus secara global ini bukan kali pertama terjadi.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyampaikan pada 102 tahun yang lalu, pernah terjadi pandemi global yang disebabkan virus influenza. 

"Kita mengenal sebagai spanish flu pada tahun 1918," katanya dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (8/5/2020), dikutip dari inews.id.

Saat itu, menurut pria yang akrab disapa Yuri, Indonesia masih berada di zaman penjajahan kolonial Belanda. Namun, ada beberapa pembelajaran baik yang bisa diterapkan pada setiap pandemi untuk diterapkan saat dunia menghadapi Covid-19.

"Yang pertama adalah pembatasan kontak. Nah, ini yang juga kita lakukan pada periode sekarang dan dilakukan di seluruh dunia dengan cara melakukan pembatasan kontak," ujarnya.

Tak hanya itu, Yuri memaparkan, upaya meningkatkan stamina untuk yang masih sehat agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab pandemi juga diterapkan pada saat menghadapi virus corona. Kemudian, solidaritas kemanusiaan menjadi modal bersama di dalam menghadapi pandemi ini.

"Oleh karena itu pembelajaran yang kita dapatkan dari beberapa pandemi yang sebelumnya terjadi, adalah fokus pada upaya-upaya kemanusiaan. Menyembuhkan pasien dan menolong yang terdampak karena krisis ekonomi akibat pandemi. Ini adalah bagian dari upaya kegiatan kemanusiaan," tuturnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar