Halau Pemudik, Polda Sumut Siapkan 25 Cek Poin di Perbatasan

PSBB. Liputan6 ©2020 Merdeka.com.

MEDAN- Polisi menyiapkan 25 cek poin atau posko pemeriksaan di perbatasan Sumut menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mereka akan mencegah warga yang tidak memenuhi persyaratan masuk ke daerah ini.

"Di 25 cek poin itu, kami akan perintahkan kembali (putar balik) lagi ke tempat asalnya apabila ada masyarakat yang ingin masuk ke Sumut tetapi tidak memenuhi syarat, di antaranya tes suhu tubuh, rapid test dan lainnya," ucap Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar saat memberikan keterangan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (18/5/2020).

Dari arah Aceh menuju Sumut, Polda Sumut membuat pos pemeriksaan di wilayah Pakpak Bharat dan Langkat Selatan. Sementara dari arah Riau, dibuat pos penjagaan di kawasan Labuhan Batu Selatan. "Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas ini adalah rute-rute tradisional yang akan masuk ke Sumut dari Sumatera Barat." kata Martuani, dikutip dari merdeka.com.

Sejauh ini sudah sekitar 700 kendaraan, baik roda dua, roda empat dan bus, yang sudah diperintahkan untuk kembali atau putar balik, karena ada penumpangnya yang tidak lolos pemeriksaan di cek poin. Yang paling banyak disuruh balik yakni kendaraan pribadi, sekitar 300-an unit. "Ada (penumpang) yang tidak memiliki catatan kesehatan, kita duga tidak lolos rapid tes, dan sebagainya," jelas Martuani.

Polda Sumut akan menggunakan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan bagi masyarakat yang melawan petugas. Ancaman UU ini adalah sanksi hukum pidana 1 tahun penjara. 

"Saya mengimbau tidak perlu ini kita lakukan. Mari kita turuti dan taati instruksi Bapak Presiden untuk tidak mudik. Untuk TNI, Polri dan PNS secara tegas bahwa Presiden melarang. Dan khusus untuk jajaran kepolisian, Bapak Kapolri telah memerintahkan tidak ada seorang anggota PNS Polri dan anggota Polri yang melaksanakan mudik," ucapnya.***

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar