Diikuti 60 ODP, Hasil Uji Swab Massal Diketahui Tiga Hari ke Depan

Ilustrasi Uji Swab Massal (Internet).

PEKANBARU- Kegiatan uji swab massal yang dilaksanakan tim gugus tugas percepatan Covid-19 Rabu, (17/6/2020), diikuti 60 warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Saat uji swab berlangsung ODP menjalani pengambilan sampel lendir dari hidung, lendir mulut dan darah. Dari 60 warga yang mengikuti terbanyak di Puskesmas Sidomulyo rawat inap mencapai 43 ODP.

17 orang di Puskesmas Rumbai Pesisir. Tiga orang lainnya sudah menjalani uji swab sebelumnya di Puskesmas Harapan Raya, Selasa, 16 Juni 2020, kemarin.

"Jadi hingga hari ini, ODP yang sudah swab test massal ada 63 orang," jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin.

Bicara kapan hasil uji swab bisa diketahui, Amin, menyebut, biasanya 2-3 hari setelah uji dilakukan. Namun bisa juga lebih cepat.

" Biasanya hasil bisa diketahui setelah dua atau tiga hari. Tapi bisasaja lebih cepat karena ODP yang ikut juga semakin sedikit," katanya.

Ditanyakan, apakah kegiatan serupa juga alan dilakukan di lokasi dan instansi lain, Amin, mengatakan benar. Namun harua dikordinasikan terlebib dahulu dengan tim guvus tugas dari Provinsi Riau.

" Renacanya kita akan uji swab massal terhadap petugas-petugas kesehatan. Tapi kita harus koordinasi dulu dengan tim gugus tugas dari Provinsi Riau," tutup Amin.

Diberitakan sebelumnya,uji swab yang dilaksanakan bertujuan untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 terhadap warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Uji swab massal diselenggarakan bersama pihak Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Kesehatan. Karena baru pemerintah provinsi yang memiliki Laboratorium Biomolekuler untuk pemeriksaan Covid-19. 

Saat ini dalam persoalan COVID-19, pemerintah bukan hanya berusaha untuk menyembuhkan saja namun juga menjaring Orang Tanpa Gejala sebab lebih berbahaya dan lebih mempercepat penularan.

" OTG ini tidak memiliki gejala covid, lantas berinteraksi dengan individu lain. Sehingga terjadi penularan tanpa disadari. Berbeda dengan orang yang memiliki gejala, yang langsung terlihat terjadi penurunan kesehatan dan bisa langsung diperiksa," jelas Amin, sebelumnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar