Rencana Dibangun Polsek, Pemko Pekanbaru Hibahkan Lahan ke Polresta

Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT saat menyerahkan tanah hibah peruntukan Polsek Marpoyan Damai kepada Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu’min Wijaya di Hari Bhayangkara Ke-74, Rabu (1/7/2020)

PEKANBARU-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menghibahkan lahan kosong di Jalan Majalengka, Kecamatan Marpoyan Damai kepada Polresta Pekanbaru.

Rencananya lahan tersebut akan dibangun Polsek Marpoyan Damai.

Walikota Pekanbaru, Firdaus usai menghadiri upacara HUT Ke-74 Bhayangkara di Mapolresta Pekanbaru, Rabu (1/7), mengatakan, pembangunan Polsek di daerah itu memandang Marpoyan Damai merupakan kecamatan yang besar dengan jumlah penduduk yang cukup padat.

Sementara untuk keberadaan Polsek di sana saat ini cuma ada satu.

"Kita minta sama Kapolda melalui Kapolresta kalau Kecamatan Marpoyan Damai itu punya polsek sendiri, dan dilakukan uji kelayakan. Setelah disetujui, ada lahan milik Pemko di Jalan Arifin Ahmad dengan luas 2.164 meter persegi yang kita hibahkan," kata Firdaus. 

Menurutnya, usulan tersebut telah diajukan sejak beberapa tahun terakhir. Namun masih terkendala pada ketersediaan lahan. Pada tahun ini didapati lahan Pemko Pekanbaru di Jalan Majalengka, Kecamatan Marpoyan Damai. 

Ia mengaku bahwa lahan dengan ukuran  2.164 meter persegi belum cukup ideal untuk ukuran Polsek.

 "Kita tanya Kapolres, apa ini (lahan) cukup, Pak Kapolres bilang sudah layak, ya kita berikan di Jalan Majalengka akhirnya," jelas Firdaus. 

Tahun ini Pemko hanya menyerahkan lahan, sementara untuk pembangunan, Firdaus mengatakan akan masuk pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021. Ia berencana pembangunan akan berlangsung pada tahun itu juga. 

"Kita bantu sarana prasarana, (gedung). Saat ini juga sedang pembangunan polsek Rumbai pesisir, tinggal finishing. Dan insyaallah di tahun depan kita mulai untuk Polsek Marpoyan Damai," jelasnya.

Menurutnya, keberadaan polsek di Kecamatan Marpoyan Damai sudah sangat dibutuhkan mengingat jumlah penduduk yang cukup padat.

"Kalau sarana prasarana nya cukup, tentu kinerja nya lebih baik," tutup Firdaus.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu’min Wijaya, mengucapkan terima kasih atas hibah tanah yang diserahkan oleh Pemko. Dengan begitu, artinya warga dan masyarakat Marpoyan Damai segera memiliki kantor Polsek Marpoyan Damai.

"Polsek Marpoyan Damai sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh masyarakat khususnya Marpoyan Damai. Dilihat dari kualitas maupun kuantitas di Marpoyan Damai ini memang lebih tinggi kriminalitas dari yang ada di Bukitraya. Untuk melayani masyarakat yang jumlahnya banyak maka sudah selayaknya Polsek  Marpoyan Damai berdiri," ungkapnya. 

Dengan demikian, pihaknya telah melakukan kajian teknis dan study kelayakan, serta mengevaluasi yang ada di sana. 

"Kami memberikan usulan kepada pimpinan kami pak Kapolda dan memang dari beliau menyetujui. Kami juga berkoordinasi dengan Pemko dalam hal ini Walikota Pekanbaru, " tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar