Seluruh Karyawan di 15 Mall di Pekanbaru Bakal Rapid Test

Rapid test dan uji swab massal gratis di Jalan. H. Agus Salim, Jumat 26 Juni 2020.

PEKANBARU-Dalam upaya percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau.  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Riau menyatakan, pihaknya merencakan akan melakukan rapid rest bagi seluruh karyawan Mall yang ada di Pekanbaru.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Riau, Asrizal mengatakan, dari data pihaknya, untuk di Pekanbaru saat ini ada 15 Mall.

''Jumlah Mall di Pekanbaru ada 15, yang di daerah sedang kita data,'' ujar Asrizal, Senin (6/7/2020), usai memberikan pemaparan, keterlibatan Dinas yang dipimpinnya, dalam penanganan Covid-19 di Riau.

Namun, rencana ini sebut Asrizal. Saat ini masih dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Pekanbaru. Sama halnya, dengan Mall yang ada di Kabupaten dan Kota. Langkah ini, sebut dia, juga akan dilakukan di 12 Kabupaten dan Kota. Pihaknya, sebut Asrizal hanya sebagai fasilitator. Untuk persetujuan, tetap diputuskan pemerintah setempat.

''Kewenangan ada di Pemkab dan Pemko,'' beber Asrizal.

Selain itu, sasaran rapid tes ini juga akan dilakukan di pasar-pasar rakyat. Selain itu, langkah ini juga sedang dikomunikasikan kepada 15 pengelola Mall tersebut.

Hal ini, sebut Asrizal untuk membahas proses pembiayaan. Dimana, untuk rapid test bagi karyawan Mall ini, ditanggung sendiri oleh pihak pegelola.

''Kalau untuk biayanya nanti, pihak pengelola yang menanggung,'' ungkap Asrizal.

Dalam hal ini, kata Asrizal, pihaknya hanya bertindak memfasilitasi. Agar tujuan Pemerintah Riau, mempercepat penanganan virus mematikan ini segera terealisasi dengan cepat baik dan cepat.

''Kami dari Disperindag Provinsi hanya memfasilitasi,'' ungkap Asrizal.

Sejalan dengan itu, saat ini juga pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan Pemkab dan Pemko. Untuk upaya melakukan rapid test bagi seluru pasar rakyat yang ada di daerah.

''Wacana rapid test ini juga akan dilakukan di pasar rakyat,'' imbuhnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar