3 Agustus 2020

Penambahan Kasus Positif Riau Meledak, Kadiskes Riau Sebut Sebagian Besar Hasil Uji Swab & Kontak Tracking

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU - Sesuai update data Tim Satuan Tugas penanganan Covid 19 Riau, Senin 3 Agustus 2020, pasien penambahan positif Corona di Riau kembali meledak yakni sebanyak 50 orang dengan total akhir mencapai sebanayak 506 kasus. Dari jumlah itu, 45 orang diantaranya melakukan isolasi mandiri, 116 orang dirawat di rumah sakit, 332 sembuh dan 13 orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimu Yuliani Nazir, mengatakan, meledaknya jumah pasien penambahan positi Corona itu sebagian besar penambahan pasien positif Covid 19 Riau merupakan hasil dari pelaksanaan tes swab yang terus digesa di setiap kabupaten kota yang terdeteksi di rumah sakit. Kemudian juga dari hasil kontak tracking dari pasien positif Corona sebelumnya.

Namun demikian, meski terjadi ledakan penambahan pasien positif Corona itu  Mimi, mengatakan, secara penanganan juga ada baiknya agar bisa cepat mendeteksi 
dan melakukan tindakan pencegahan penyebaran serta memutus mata rantai Covid 19 di Riau. 

"Ini sudah pasti risiko yang akan kita jalani dari penggesaan swab massal. Namun baiknya dan positif nya kita bisa lebih cepat tahu dan melakukan penanganan dan memutus mata rantai penyebaran," katanya. 

Baca juga: rincian 50 penambahan pasien konfirmasi positif covid19 di riau hari ini

Untuk penambahan terbanyak hari ini Senin 3 Agustus 2020 berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yakni sebanyak 18 kasus. Padahal sebelumnya Rohil sempat dinyatakan berstatus zona hijau Covid 19 di Riau.

Disusul Kabupaten Siak dengan jumlah penambahan kasus pada hari ini yakni sebanyak 10 kasus, Pekanbaru 4 kasus, Kampar 7, Bengkalis 1, Pelalawan, 9, Kuansing, 1.

"Dari pasien positif ini juga terdapat anak berusia 2,5 tahun yaitu dari Pelalawan.  Sedangkan kabar baiknya untuk pasien positif yang sembuh juga bertambah sebanyak 4 orang. Meninggal dunia 1 orang dari Kuansing," ujarnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar