Pemko Pekanbaru akan Isolasi OTG Corona di Rusunawa Rejosari

Rusunawa Rejosari

PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kini mulai menyiapkan Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari di Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya, menjadi tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Walikota Pekanbaru Firdaus, mengatakan, di Rusunawa Rejosari itu disiapkan ruangan khusus yang disebut sebagai Rumah Sehat bagi pasien positif OTG.

Kebijakan itu diambil pemerintah kota mengingat ada sejumlah pasien positif OTG yang kini tengah menjalani isolasi secara mandiri di rumah. Mereka tidak diisolasi di rumah sakit lantaran biaya perobatan OTG tidak ditanggung oleh pemerintah.

"Kita lihat di lapangan ada warga kita yang positif Covid-19 dengan status OTG. Kita rencanakan agar OTG yang tidak mampu mengisolasi diri mandiri di rumahnya, kita arahkan ke rumah sehat di Rusunawa di Teluk Lembu Ujung," ungkap walikota, Senin (3/8/2020).

Disampaikannya, pemerintah memang tidak menyediakan anggaran untuk perawatan rumah sakit bagi pasien positif Covid-19 dengan status OTG. Pemerintah, sebut walikota, hanya menyediakan biaya ganti bagi perawatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan positif Covid-19.

"Yang positif Covid-19 dengan status OTG ini tidak bisa dirawat di rumah sakit, karena tidak ada biaya ganti dari pemerintah pusat. Nanti yang OTG ini juga akan kita kelompokkan lagi mana yang punya cukup ruang di rumahnya untuk isolasi mandiri," ucapnya.

Nantinya, terang walikota, seluruh kebutuhan pasien positif OTG yang menjalani isolasi di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari akan ditanggung oleh pemerintah kota.

"Di rumah sehat itu, selama diisolasi, semuanya dibantu. Mulai dari makan, keperluan sehari-hari, untuk tes swab nya, pengobatan, semuanya dibantu Pemko Pekanbaru," ujarnya.

Walikota, berharap kebijakan itu dapat membantu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status OTG namun tidak memiliki biaya untuk menjalani isolasi dan perawatan medis di rumah sakit.

"Maka kita akan siapkan dalam beberapa hari ini agar OTG positif covid diisolasi di rumah sehat," pungkasnya.***
 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar