Dokter Sarankan Pakai Masker dan Tidak Ciuman saat Berhubungan Seks selama Pandemi Covid-19

Dokter di Kanada menyarankan pada pasangan agar memakai masker dan tidak berciuman saat berhubungan seks selama pandemi Covid-19. (foto: ist)

OTTAWA- Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Kanada menyarankan pasangan untuk memakai masker saat berhubungan seks guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Seks bisa menjadi rumit pada saat pandemi Covid-19, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pasangan intim di rumah atau yang pasangan seksualnya berisiko lebih tinggi tertular Covid-19," kata Theresa Tam dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP, Kamis (3/9/2020).

"Risiko aktivitas seksual terendah selama Covid-19 melibatkan diri Anda sendiri," tambahnya.

Dikutip dari iNews.id, Tam, mengimbau bagi mereka yang hendak berhubungan seks dengan pasangan yang berisiko atau datang dari luar rumah harus menghindari berciuman atau berhadapan wajah dalam jarak dekat.

Dia juga menekankan pentingnya penggunaan masker saat berhubungan badan guna mencegah menghirup udara (aerosol) dari pasangan yang berisiko sebagai orang tanpa gejala.

Konsumsi alkohol, kata Tam, juga harus dibatasi sehingga Anda dan pasangan dapat membuat keputusan yang aman dalam melakukan aktivitas seksual secara sadar, tidak dalam pengaruh minuman keras.

Meskipun penularan Covid-19 melalui sperma atau cairan vagina sangat kecil kemungkinannya, Tam tetap menganjurkan pasangan menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Jumlah kasus Covid-19 di Kanada sampai Rabu (2/9/2020) waktu setempat mencapai 129.705 dan jumlah kematian sebanyak 9.171. Angka kesembuhan di Amerika kawasan utara itu termasuk tinggi hampir 90 persen yakni lebih dari 115.000 orang dinyatakan terbebas dari virus tersebut.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar