Sekolah Tatap Muka Terkendala Zona Merah, Ini Tawaran Pemkot Palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG- Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) menawarkan kepada orang tua siswa untuk menerapkan sekolah tatap muka mulai Januari 2021 dengan metode shift atau bergantian. 

Selain itu, melibatkan relawan yang akan memantau siswa agar tidak berkerumun. Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, sistem pembelajaran tatap muka dengan metode shift periode harian dinilai cukup efektif untuk mengantisipasi zonasi Covid-19 yang kerap berubah-ubah. Namun penerapan metode itu masih akan dikombinasikan dengan belajar sistem daring atau dalam jaringan.

"Ketika siswa sedang tidak mendapat giliran sekolah tatap muka, maka dia belajar lewat daring," ujarnya, Senin (21/12/2020), dikutip dari inews.id.

Menurut dia, proses belajar tatap muka tetap dilaksanakan pada Januari 2021 sesuai imbauan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri. Namun Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang melihat kesiapan SD dan SMP di wilayah tersebut. 

Pencegahan kerumunan siswa menjadi poin penting dalam penerapan belajar tatap muka, kata dia, sementara di satu sisi para guru juga harus fokus memberikan pelajaran sehingga ada penambahan beban selama proses pembelajaran.

Oleh karena itu, Pemkot Palembang menawarkan dilibatkanya relawa-relawan untuk mencegah siswa berkerumun sekaligus memantau penerapan protokol kesehatan selama proses belajar tatap muka di sekolah.

"Bisa dengan memberdayakan OSIS yang ada di sekolah supaya saling mengawasi, yang penting keselamatan itu dikedepankan," katanya. 

Ia menyebutkan dua opsi itu masih dipertimbangkan dan hanya akan diterapkan jika memang disetujui oleh orang tua/wali siswa. Pemkot Palembang sudah berkoordinasi dengan Disdik Sumsel terkait rencana menerapkan imbauan SKB empat menteri pada Januari 2021. 

"Banyak orang tua sudah menginginkan sekolah dibuka, tapi disatu sisi masih ada beberapa masalah dan semua ini harus kami jawab," katanya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar